Tingkatkan Amal Shaleh Di Bulan Muharram Dengan Tiga Amalan Ini

Tingkatkan Amal Shaleh Di Bulan Muharram Dengan Tiga Amalan Ini

Pada tanggal 1 Muharram 1442 seluruh umat islam bersuka cita menyambut tahun baru islam yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020. Banyak harapan dan do’a yang diucapkan untuk kebaikan di tahun ini, baik tentang target dan cita-cita maupun keadaan yang diharapkan semuanya agar segera pulih dari pandemic Covid-19.

Penanggalan dalam Islam atau disebut dengan kalender hijriah memiliki 12 bulan diantaranya, Muharram, Shaffar, Rabi’ul Awwal, Rabi’ul Akhir, Jumadil Awal, Jumadil Akhirm Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulqadah, dan Dzulhijjah. Jumlah tersebut sesuai dengan firman Allah dalam Al-Quran Surat At-Taubah ayat 36 yang berbunyi “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah adalah 12 bulan dalam ketetapan Allah.”

Selanjurnya diantara kedua belas bulan tersebut ada empat bulan yang dimuliakan Allah selain Ramadhan. Allah swt. berfirman “Di antaranya ada empat bulan yang haram, itulah ketetapan agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan empat itu.” (At-Taubah:36).

Adapaun diantara keempan bulan  yang diharamkan tersebut disebut dengan istilah Arba’atun Hurum  yang terdiri dari Muharram, Ramadhan, Dzulqadah dan Dzulhijjah. Terdapat banyak keutamaan dalam bulan-bulan yang diharamkan yakni berupa pahala amal-amal shaleh yang dilipatgandakan.

Selain amal-amal shaleh yang dilipatgandakan pahalanya di bulan-bulan haram, dosa-dosapun dilipatgandakan balasannya pada bulan ini. Sehinggga pada bulan ini, seluruh umat islam dilarang untuk menganiaya dirinya dengan dosa-dosa yang dikerjakannya.

Bulan Muharram memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat muslim, Sebab bulan ini termasuk kedalam bulan yang dimuliakan atau bulan yang diharamkan. Kata ‘Muharram’ sendiri dalam bahasa arab memiliki  makna ‘Yang diharamkan’. sebab pada bulan ini, bangsa arab terdahulu sepakat untuk melakukan genjatan senjata atau mengharamkan peperangan pada bulan ini.

Untuk meraih keutamaan-keutamaan tersebut, ada beberapa amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram. Berikut adalah beberapa amalan yang bisa sahabat kerjakan dan tiingkatkan dibulan Muharram.

  1. Berpuasa

Ibadah puasa merupakan ibadah yang memiliki kedudukan tinggi disisi Allah swt. Berpuasa dibulan Muharram merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk kaum muslimin, anjuran itu berdasarkan riwayat nabi sebagai berikut. “Seseorang datang menemui Rasulullah SAW, ia bertanya: ‘Setelah Ramadhan, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?’ Nabi SAW menjawab: “Puasa di bulan Allah, yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharram,” (HR Ibnu Majah).

sedangkan dalam riwayt Imam Muslim disebutkan nabi bersabda “puasa yang paling utama setelah Ramadhan ialah puasa di bulan Allah, Muharram”.

Berdasarkan kedua riwayat hadits diatas kita dapat menyimpulkan bahwa berpuasa di bulan Muharram sangat dianjurkan bagi umat Islam. Berkaitan dengan waktu berpuasa dibulan Muharram sahabat bisa menunaikan puasa senin dan kamis, puasa Ayyamul Bidh dan puasa pada tanggal 9,10, dan 11 Muharram.

Adapun puasa di tanggal 9,10 dan 11 Muharram dilakukan untuk menunaikan ibadah puasa asyura dengan catatan berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya. Sebagaimana sabda nabi saw. berikut “Berpuasalah kalian di hari Asyura dan bedakanlah dengan Yahudi dengan berpuasa sehari sebelumnya atau sesudahnya.” (Al-Baihaqi).

  1. Bersedekah dan Menyenangkan Keluarga

Pada bulan yang dimuliakan ini selain berpuasa, umat muslim jujga dianjurkan untuk memperbanyak sedekah dan menyenangkan atau memuliakan keluarga. Dari Abi Said Al-Khudri, Rasulullah saw. bersabda ” Barangsiapa menyenangkan keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan memberikan kesenangan kepadanya (meluaskan rizkinya) di tahun-tahun berikutnya.” (HR. Al-Baihaqi dan Ath-Thabarani).

Selain itu, pada bulan muharram juga bisa dijadikan sebagai moment untuk menyantuni anak-anak yatim, di Indonesia sendiri sudah menjadi  budaya untuk menyantuni anak-anak yatim pada tanggal 10 Muharram atau hari Asyuro.

  1. Memperbanyak Taubat dan Amal Shaleh

Pada dasarnya bertaubat bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun tanpa harus menunggu bulan-bulan tertentu, namun dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa pada bulan Muharram ini terdapat hari dimana Allah memberikan pengampunan kepada sebuah kaum di bulan Muharram. Untuk itu manfaatkanlah setiap detik waktu kita untuk memohon ampunan kepada-Nya atas segala dosa dan khilaf yang telah diperbuat.

Selain memperbanyak taubat, kita juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan shaleh di bulan Muharram ini, sebab dosa-dosa akan terhapuskan seiring dengan terus bertambahnya amal shaleh yang kita kerjakan.

Diatas merupakan tiga amalan yang bisa kita maksimalkan di bulan Muharram ini serta pada bulan-bulan berikutnya juga. Semoga artikel ini bermanfaat dan sahabat semua bisa meningkatkan amal-amal shalehnya terkhusus pada bulan yang dimuliakan Allah ini.