You are currently viewing Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita Gerd

Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita Gerd

Penderita GERD ternyata masih bisa menikmati kopi, ada beberapa tips aman minum kopi bagi penderita GERD yang bisa dicoba.


Rahmatanlilalamin.or.id – Kopi merupakan jenis minuman yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari kalangan muda hingga orang tua sekalipun. Bahkan, sebagian orang akan merasa ada yang kurang jika ia tidak menyeruput kopi terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas.

Kopi sendiri dikenal dengan minuman yang dapat membangkitkan mood dan semangat untuk bekerja. Lebih dari itu, bagi sebagian orang kopi menjadi salah satu minuman penghasil inspirasi.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mencicipi nikmatnya minuman yang satu ini, baik yang diseduh oleh dirinya sendiri maupun dengan membelinya di coffee shop.

Pasalnya, bagi sebagian orang yang mengalami permasalan di lambung seperti GERD, kopi kerap kali menjadi minuman yang menakutkan baginya. Jika memaksa diri untuk meminumnya, maka akan timbul perasaan yang tidak nyaman yang disebabkan oleh gangguan lambung.

GERD dalam hal menjadi salah satu penyakit lambung yang membuat seseorang tak lagi bisa menikmati kopi. Tanda umum seseorang mengalami GERD ialah mulut terasa masam disertai dengan rasa perih di dada hingga ke tenggorokan.

Definisi Gerd

Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita GERD

Mungkin sebagian dari kamu ada yang bertanya-tanya tentang apa itu GERD? Nah, untuki mengenalinya mari kita baca definisi GERD di bawah ini.

GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan gejala kerusakan yang terjadi dalam lambung atau sistem pencernaan, di mana asam lambung dan isi perut mengalir kembali ke kerongkongan.

Katup yang terletak di kerongkongan bagian bawah yang pada normalnya ia akan terbuka untuk memungkinkan makanan serta masuk menuju lambung.

Kemudian, setelah makanan dan minuman tersebut masuk, katup ini akan secara otomatis tertutup kencang guna mencegah is lambung kembali ke kerongkongan.

Namun, pada penderita GERD, katup ini justru melemah sehingga tidak dapat menutup kembali dengan baik.

Hal itu kemudian dapat memicu isi lambung yang berisi makanan dan asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Jika hal demikian terus terjadi, lapisan kerongkongan akan mengalami iritasi hingga peradangan dan lama kelamaan menjadi lemah.

GERD pada umumnya dipicu oleh makanan dan gaya hidup tertentu. Diantara makanan yang menjadi penyeban GERD antara lain kopi, cokelat, makanan asam, makanan pedas, makanan berlemak, dan alkohol.

GERD juga terntata bisa diatasi yakni dengan menurunkan berat badan, olahraa secara rutin dan teratur, serta meninggikan bantak ketika tidur.

Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita Gerd

Tips Aman Minum Kopi Bagi Penderita GERD

Penderita GERD masih bisa minum kopi dengan catatan ia harus menghindari berbagai hal yang menjadi pemicu lain munculnya gejala asam lambung.

Berikut adalah beberapa tips aman bagi penderita GERD agar bisa tetap menikmati kopi.

1. Pilih Kopi yang Tepat

Cara pertama yang bisa dilakukan penderita GERD agar tetap aman menikmati kopi ialah memilih kopi yang tepat. Dalam hal ini penderita GERD dapat memilih kopi dengan kadar asam yang rendah seperti halnya jenis kopi Arabika.

Kopi arabika dikenal sebagai kopi yang rendah kadar asam yang dimilikinya, selain itu kopi ini juga dikenal sebagai kopi yang memiliki kadar kafein yang rendah sehingga aman bagi penderita GERD untuk mengonsumsinya.

Selain bisa menghindari gejala penyakit asam lambung, kopi rendah asam juga dapat membantu gejala Sindrom Iritas Usus atau Irritable bowel syndrom (IBS). Hal itu dikarenakan jenis kopi ini lebih lembut dan aman bagi sistem pencernaan.

Namun demikian, dengan semua kebaikan dan manfaat yang dimilikinya, jenis kopi yang kadar asamnya rendah tetap bisa mempertahankan manfaat kafeinnya.

2. Atur Pola Konsumsi Kafein dengan Baik

Agar tetap aman menikmati kopi, aturlah pola konsumsi minuman jenis kopi ini sehingga tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Menurut Food and Drug Administration AS, batas konsumsi kafein orang dewasa yang sehat ialah 400 mg per hari atau setara dengan sekitar 4 cangkir kopi.

Dalam hal ini, manfaat kandungan kafein yang ada dalam kopi dapat dirasakan ketika kamu mampu mengonsumsinya dengan takaran yang tepat. Disamping itu, mengonsumsi kopi dengan teratur dan tidak berlebihan juga dapat menjadikan kamu terhindari dari caffeine withdrawal ketika berhenti mengonsumsi kopi.

3. Gunakan Metode Brewing yang Berbeda

Metode penyeduhan yang tepat dapat menjadikan kopi lebih aman untuk dikonsumsi oleh penderita GERD. Nah, agar tetap aman hindarilah mengonsumsi kopi dengan metode penyeduhan seperti espresso atau french press, hal itu dikarenakan metode tersebut dapat menyebabkan kepkaan dan mulas.

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk menyeduh kopi ialah dengan menggunakan saringan saat menyeduhnya. Hal ini dapat memungkinkan adanya lebih banyak minyak pemicu gejala seperti sakit maag yang tertahan dalam saringan tersebut.

Di samping itu, cara yang aman untuk menyeduh kopi ialah dengan menurunkan suhu air saat menyeduhnya. Beberapa ilmuan mempercayai bahwa menyeduh kopi dengan suhu yang lebih rendah dapat mengurangi kemungkinan timbulnya mulas.

Suhu air yang lebih panas saa menyeduh kopi dapat menyebabkan reaksi kimia yang lebih besar, karena mengaktifkan minyak dalam biji kopi lebih banyak sehingga memicu terjadinya mulas.

4. Tambahkan Soda Kue

Soda kue dipercayai dapat menetralkan keasaman kopi secara alami.

Pada umumnya, soda kue memikiki pH 9, agar tepat aman mengonsumsi kopi kamu dapat menambahkan soda kue sekitar  seperempat sendok teh ke dalam bubuk kopi. Hal ini dapat mengurangi senyawa yang menjadi pemicu gangguan pada lambung.

Baca Juga: Manfaat Minum Kopi Hitam Pahit Tanpa Gula

5. Hindari Penambahan Bahan yang Menyebabkan Inflamasi

Munculnya gejala GERD bisa jadi dikarenakan kamu mengonsumsi kopi dengan menambahkan gula, krim, dan susu. Susu dan krim tinggi lemak dikenal sebagai pemicu heartburn atau GERD, dan keduanya buruk untuk semua tingkat intoleransi laktosa.

Untuk itu, cobalah secangkir kopi tanpa diberi susu atau gula agar tetap aman. Dan pilihlah jenis kopi yang kadar asamnya lebih rendah supaya lebih aman saat kamu konsumsi.

Referensi:

https://www.alodokter.com/kenali-gejala-gerd-dan-cara-mengatasinya

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/22/060000920/cara-aman-minum-kopi-untuk-penderita-gerd

https://health.grid.id/read/353423700/tips-aman-minum-kopi-bagi-penderita-gerd-tak-khawatir-perut-kembung

Leave a Reply