You are currently viewing Tips Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat Saat Musim Hujan

Tips Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat Saat Musim Hujan

Tips Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat – Sahabat, Alhamdulillah musim hujan telah tiba, tentunya kita harus meyakini bahwa dibalik hujan yang turun terkandung banyak makna dan manfaat di dalamnya. Mulai dari hujan tersendiri sampai keutamaan berdoa pada waktu hujan.

Meskipun demikian, musim hujan mengajarkan kita untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penularan banyak penyakit, bukan karena air hujannya melainkan karena lingkungan tempat tinggal kita yang bisa jadi kotor ataupun tidak sehat.

Saat musim hujan tiba, tentu kita mengetahui bahwa risiki hidung menjadi tersumbat sangatlah besar. Hidung tersumbat disini bisa diakibatkan oleh beberapa penyakit, salah satunya adalah batuk dan pilek.

Tips Atasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat
Musim hujan mengajarkan kita untuk meningkatkan kewaspadaan kita terhadap penularan banyak penyakit.

Meskipun terlihat sepele, hidung tersumbat memiliki efek yang begitu besar bagi tubuh kita. Ia akan sangat mengganggu pekerjaan dan menjadikan tubuh kita tidak nyaman. Lebih dari itu, hidung tersumbat juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang berada dalam kondisi kesehatan yang kurang baik.

Ada sebuah istilah yang mengungkapkan ‘dikit-dikit jangan minum obat’. Saat mengatasi hidung tersumbat sahabat juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan ada beberapa cara yang bisa sahabat lakukan guna menghilangkan hidung tersumbat tanpa minum obat.

Berikut adalah beberapa tips atasi hidung tersumbat saat musim hujan tanpa konsumsi obat.

1. Jaga suhu tubuh tetap hangat

Saat musim hujan tiba, tubuh kita sangat rentan sekali mengalami kedinginan. Dalam sebuah kondisi, kedinginan bisa menyebabkan hidung mudah tersumbat. Jika hal tersebut telah terjadi, usahakan tubuh Anda tetap hangat, terutama saat tidur.

2. Gunakan Humidifier

Menghirup udara lembab dan hangat bisa mengatasi hidung tersumbat. Uap hangat dipercayai dapat membantu meringankan gejala hidung tersembut, dalam hal ini uap berperan untuk membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

3. Minum air yang banyak

Minum air putih yang banyak dianjurkan dalam segala kondisi guna menjaga dan meningkatkan metabolism tubuh. Begitu juga saat mengalami gejala hidung tersumbat, banyak minum air putih sangat dianjurkan guna meringankan gejalanya.

Baca Juga : Tips Jaga Kesehatan di Tempat Umum Agar Tetap Aman

4. Keluarkan lendir

Menghirup ingus (lendir)  bukanlah sesuatu yang baik saat mengalami gejala hidung tersumbat, menghirup ingus (lendir di hidung) justru akan menambah hidung mampet. Jadi, usahakan lendir yang ada di hidung selalu dikeluarkan, carilah tempat yang aman dan jauh dari jangkauan orang lain, misalnya di toilet.

5. Mandi air hangat

Dengan mandi air hangat, lendir di hidung bisa dengan cepat cair dan hilang. Untuk itu, saat mengalami gejala hidung tersumbat, cobalah untuk mandi dengan air hangat.

Leave a Reply