You are currently viewing Tips Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan
Sumber: Pexels.com

Tips Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan

Mandiri finansial adalah sebuah kondisi bebasnya seseorang dari ketergantungan finansial dari orang lain misalkan orang tua ataupun kerabat. Mandiri finansial saat mungkin menjadi impian bagi banyak orang, khususnya bagi mereka para milenial , pekerja dengan gaji pas-pasan atau mereka yang baru saja memulai karirnya.

Setiap orang mungkin memiliki keinginan atau impian untuk mandiri secara finansial, akan tetapi tidak semua mampu mewujudkannya. Kenapa demikian?

Hal itu terjadi karena kebanyakan orang yang menginginkan dirinya mandiri secara finansial seringnya hanya berpatokan pada berapa besar gaji atau pendapatan yang mereka terima setiap bulannya.

Padahal, mandiri secara finansial tidak berpatokan pada berapa besar gaji atau pendatapatan yang diterima, melainkan pada kebiasaan seseorang. Artinya, saat seseorang ingin mandiri finasial ia harus mampu mengendalikan dirinya agar dapat merubah kebiasaannya menjadi lebih baik.

Dengan demikian, disaat kamu mampu mengendalikan diri dan merubah kebiasaan, kesempatan untuk mandiri finansial meski dengan gaji pas-pasan bisa kamu wujudkan. Kemudian apa saja kebiasaan yang harus kamu lakukan agar mampu mandiri secara finansial? Simak tipsnya berikut ini.

1. Berhemat

Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan
(Sumber: Pexels.com)

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan pepatah yang mengatakan bahwa “hemat adalah pangkal kaya”. Nah, saat ini kamu tinggal mengaplikasikan pepatah tersebut untuk berhemat agar mampu mandiri secara finansial.

Sikap hemat ini merupakan salah satu sifat yang harus diterapkan sejak dini. Hal itu dikarenakan hemat menjadi kunci utama keberhasilan bagi kamu yang ingin mandiri secara finansial.

Berhemat bukan berarti kamu harus pelit, melainkan kamu harus mampu membedakan mana keinginan dan yang mana kebutuhan.

Selain itu, berhemat juga dapat kamu lakukan tak hanya saat gajimu masih pas-pasan, disaat kamu sudah mulai mapan sifat hemat juga harus tetap kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menambah kerja sampingan

Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan
(Sumber: Pixabay.com)

Saat kamu merasa gaji atau pendapatan yang diterima tak begitu besar, langkah yang harus kamu lakukan adalah menambah kerja sampingan agar mampu mandiri secara finansial.

Menambah kerja sampingan menjadikan sumber penghasilanmu bertambah serta menjadikanmu lebih disiplin dan mampu mengelola manajemen waktu dengan baik.

3. Tambah kapasitas diri dengan belajar

Mandiri Finansial dengan Gaji Pas-pasan
(Sumber: Pixabay.com)

Selain berhemat dan melakukan kerja sampingan, kamu juga harus banyak meluangkan waktu untuk belajar ilmu baru. Baik itu yang berkaitan dengan skill yang dapat menunjang pekerjaan serta penghasilanmu maupun ilmu-ilmu baru lainnya.

Selain menambah wawasan dan merubah mindset-mu, meluangkan waktu untuk terus belajar dapat menjadikanmu memiliki banyak teman dan relasi baru. Tentunya dengan relasi tersebut dapat memudahkanmu dalam berbagai hal termasuk dalam mewujudkan kemandirianmu secara finansial.

4. Sebisa mungkin jangan berutang

Mandiri finansial
(Sumber: Pixabay.com)

Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan berutang, namun sebisa mungkin kamu jangan pernah berutang. Bukankah salah satu bentuk kemandirian finansial ialah terbebas dari utang?

Adapun jika kamu harus berutang, rencanakanlah dengan matang agar tidak terjebak dalam pengelolaan keuangan yang rumit. Selanjutnya, kamu juga harus menghindari pembelian barang yang tidak perlu atau barang non-kebutuhan primer.

5. Hindari pengeluaran tidak penting

Mandiri finansial
(Sumber: Pixabay.com)

Salah satu kebiasaan yang dapat menghambat terwujudkanya kemandirian secara finansial ialah terlalu banyak pengeluaran yang tidak perlu. Pengeluaran tidak perlu juga seringnya menjadi penyebab seseorang memiliki utang.

Untuk menghindari pembelian tidak penting kamu dapat membuat skala prioritas kebutuhanmu serta mengutamakan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan.

6. Usahakan tetap menabung

Mandiri finansial
(Sumber: Pexcel.com)

Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang penghasilan yang kamu dapatkan untuk menabung. Hal ini berguna bagimu untuk menghadapi segala sesuatu yang bisa saja terjadi di masa yang akan datang.

Dalam hal ini kamu dapat memulainya dengan menyiapkan tabungan dana darurat, anggaran hari tua/pensiun, dan beberapa tabungan lainnya yang dapat menunjangmu di masa depan.

Baca Juga : Agar Hidup Berkah, Yuk Coba Terapkan Tips Mengelola Keuangan Ini

Sahabat, itulah enam kebiasaan yang harus kamu terapkan jika ingin mandiri secara finansial dengan gaji pas-pasan. Perlu diingat bahwa tolak ukur keberhasilan diri mewujudkan kemandirian secara finansial ialah kebiasaan, jadi usahakan untuk merubah kebiasaanmu secara perlahan ya.

Jangan lupa juga untuk menyertai impianmu untuk mandiri secara finansial dengan menunaikan sedekah dari sebagian harta atau penghasilanmu. Kamu dapat menunaikan sedekah terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur sekarang juga dengan mengakses tautan berikut.

https://indonesiaberbagi.id/donasi/

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply