You are currently viewing Tips Meningkatkan Imunitas Anak Selama Mengikuti Sekolah Tatap Muka

Tips Meningkatkan Imunitas Anak Selama Mengikuti Sekolah Tatap Muka

Tips Meningkatkan Imunitas Anak – Pemerintah di beberapa daerah sudah menerapkan sekolah tatap muka untuk para siswa-siswinya. Tentunya sebagian orang tua ada yang menyambutnya dengan suka cita dan ada juga sebagian yang menyambutnya dengan perasaan yang was-was penuh rasa khawatir.

Hal itu dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai saat ini. Rasa was-was dan khawatir yang berlebihan tentunya bukan hal yang baik, sebaliknya hal tersebut dapat menjadi salah satu penyebab turunnya imunitas tubuh.

Tips Meningkatkan Imunitas Anak | Sekolah Tatap Muka
Ilustrasi Sekolah Tatap Muka. Sumber : padangkita.com

Penerapan sistem sekolah tatap muka ditengah kondisi pandemi tentunya harus disikapi dengan sikap yang positif. Dalam hal ini, semuanya harus berupaya untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat serta menjaga kesehatan diri dan keluarganya.

Saat pembelajaran tatap muka dimulai, orang tua harus senantiasa memastikan kondisi tubuh anak dalam keadaan baik. Tentunya orang tua juga harus senantiasa menjaga dan meningkatkan imunitas pada anaknya.

Agar anak tetap sehat dan aman dalam mengikuti pembelajaran tatap muka, berikut adalah beberapa tips meningkatkan imunitas anak yang bisa diterapkan oleh orang tua.

1. Pastikan Kebersihan Selalu Terjaga

Pandemi Covid-19 saat ini mengajarkan semuanya untuk tetap menjaga kehigienisan serta menjaga kesehatan tubuh. Saat sekolah tatap muka dimulai, kebiasaan baik menjaga kebersihan pada anak harus dipertahankan.

Dalam hal ini, orang tua perlu memantau kebiasaan anak menjaga kebesihan, misalkkan mencuci tangan setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah makan serta bersin menggunakan tisu. Selain itu, orang tua juga harus memastikan anaknya memahami tentang pentingnya mengenakan masker dan menjaga jarak.

2. Banyak bergerak

Tips Meningkatkan Imunitas Anak | Sekolah Tatap Muka
Ilustrasi Anak Bersepeda. Sumber : ibupedia.com

Banyak bergerak atau rajin olahraga menjadi instrumen yang penting dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh pada anak. Untuk itu pastikanlah anak tetap aktif bergerak. Dampingilah anak agar terus berolahraga kurang lebih sekitar satu jam perhari baik itu lari, jalan santai maupun bersepeda.

3. Tidur yang cukup dan teratur

Kualitas tidur erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat penting untuk menjaga kualitas tidur serta jadwal tidur. Agar anak memiliki waktu tidur yang cukup dengan kualitas tidur yang baik orang tua dapat mengatur jadwal tidur anak setiap malamnya serta mengurangi waktu menggunakan gawai dan menonton Televisi.

Selanjutnya, orang tua juga harus memastikan kamar anak gelap dan tenang agar anak dapat tidur lebih cepat serta memiliki kualitas tidur yang baik.

4. Berjalan kaki ke sekolah

Tak hanya menjadikan anak banyak bergerak, jalan kaki menuju sekolah juga memberikan kemungkinan pada anak untuk banyak menghirup udara segar dan bebas polusi. Ketika anak menghirup banyak udara segar dan bebas polusi, maka hal ini akan membantu anak lebih semangat dalam belajar.

5. Konsumsi Suplemen

Ditengah kondisi pandemi saat ini, konsumsi suplemen kesehatan menjadi salah satu hal yang teramat penting. Agar sistem kekebalan tubuh anak terjaga dan terus meningkat, anak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin A,C, dan D setiap hari. Suplemen prebiotik yang dikonsumsi anak memiliki peran untuk mengurangi keparahan dan durasi pilek dengan merangsang aktivitas sel-T-limfosit yang mengatur respon imun.

6. Makan sayur dan buah

Sayuran dan buah. Sumber : lagizi.com

Sayur dan buah merupakan makanan yang penuh dengan kandung vitamin dan nutrisi penting yang bermanfaat bagi sistem imunitas tubuh secara signifikan. Untuk itu, berilah asupan keduanya pada anak secara seimbang untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Kemudian ajaklah anak berbelanja dan berilah kesempatan pada mereka untuk memilih buah dan sayur yang disukainya. Jelaskan juga manfaat sayur dan buah bagi tubuh, tulang kuat, perannya dalam menangkal infeksi serta sediakan olahan sayur dengan cara yang berbeda.

Baca Juga : Makanan Sehat dan Bergizi untuk Menjaga Kesehatan

Diatas merupakan beberapa tips menjaga dan meningkatkan imunitas pada anak selama mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Selain beberapa tips yang harus diterapkan pada anak, orang tua juga harus tetap merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Jika diantara orang tua ada yang merokok, maka berhentilah merokok. Hal itu akan jauh lebih bijak, karena seperti yang kita ketahui bahwasannya rokok tak hanya berdampak pada perokoknya saja melainkan pada orang yang berada di sekitar seperti anak atau anggota keluarga yang lain.

Leave a Reply