You are currently viewing Enam Tips Membentuk Diri Agar Rajin Sedekah Setiap Hari

Enam Tips Membentuk Diri Agar Rajin Sedekah Setiap Hari

Rahmatanlilalamin.or.id, Tips Sedekah Setiap Hari – Sedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan bagi umat Islam. Ada banyak ayat yang menyebutkan anjuran dan keutamaan sedekah disebutkan dalam Al-Quran.

Salah satunya adalah QS. Adz-Dzariat ayat 19 yang menyiratkan anjuran sedekah  bagi umat Islam, yang mana dalam ayat itu disebutkan bahwa terdapat hak orang miskin dalam harta yang dimiliki oleh seorang muslim. Allah SWT berfirman.

“Dan pada harta benda mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta.” (QS. Adz-Dzariat : 19)

Kemudian, jika ditinjau dari ilmu psikologi, sedekah memiliki manfaat positif bagi siapa saja yang melakukannya. Salah satunya ialah mendatangkan perasaan senang atau bahagia dalam diri orang tersebut.

Kebahagiaan itu kemudian akan lebih terasa jika orang yang bersedekah melihat penerima manfaat atas sedekahnya merasakan manfaat dari sedekah yang diberikannya secara langsung.

Baca Juga : Sedekah untuk Anak Yatim, Sebuah Cara untuk Memuliakan Anak Yatim

Tips Agar Rajin Sedekah Setiap Hari

Tip Sedekah Setiap Hari
Bakti sosial Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur.

Sebagai amalan yang pahalanya berlipat ganda, kita hendaknya membentuk diri kita menjadi pribadi yang rajin sedekah untuk meraih ridho dan keutamaan dari-Nya. Lalu, bagaimana tips atau cara sedekah setiap hari?

Ada banyak proses yang dilalui untuk menjadikan diri rajin sedekah setiap hari. Nah, berikut adalah beberapa tips rajin sedekah setiap hari yang dapat kamu praktikan.

1. Meluruskan Niat

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membentuk diri agar rajin sedekah ialah meluruskan niat. Niat yang lurus dan kuat untuk bersedekah dapat menjadikanmu lebih mudah untuk bersedekah dan istiqamah melakukannya.

Niat juga menjadi bagai terpenting dari setiap amal perbuatan salah satunya sedekah. Niat sedekah yang kuat akan membuat rencana sedekah ke depannya lebih mudah dan terarah.

Baca Juga: Cara Aman Sedekah Online Agar Tepat Sasaran

2. Masukan Sedekah ke Dalam Skala Prioritas

Langkah selanjutnya ialah memasukan sedekah ke dalam skala prioritas pengeluaran bulananmu. Dengan demikian, mengeluarkan uang untuk sedekah menjadi salah satu prioritas yang harus dipenuhi setiap bulannya.

3. Menyisihkan Uang Makan atau Uang Jajan

Sisihkan baik itu sedikit ataupun banyak uang untuk sedekah dari uang makan atau uang jajanmu. Hal itu akan menjadikanmu lebih mudah untuk rajin sedekah setiap hari tanpa harus menambah anggaran untuk sedekah atau mengganggu rencana keuanganmu yang lain.

4. Buat Target Sedekah

Selanjutnya, kamu juga dapat membuat target sedekah bulananmu baik dari segi jumlah uang ataupun dari segi intensitas sedekah itu sendiri. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri bagimu untuk menuntaskannya sehingga tanpa terasa dengan menuntaskan target tersebut kamu telah menjadi pribadi yang rajin bersedekah.

Baca Juga: 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir

5. Pilih Metode Sedekah yang Tepat

Saat ini sedekah memiliki metode yang beragam, mulai dari sedekah dengan uang tunai, transfer bank, maupun dompet digital. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan keadaanmu.

Jika ingin lebih mudah dan praktis kamu dapat bersedekah melalui kotak amal mesjid saat kamu shalat berjamaah. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan layanan sedekah online yang menjadikan sedekah lebih mudah dan praktis.

6. Pilih Layanan Sedekah yang Terpercaya

Jika kamu memilih layanan sedekah online yang lebih mudah dan praktis, pastikan kamu memilih platform sedekah online terpercaya.

Dalam hal ini, kamu dapat memilihnya berdasarkan legalitas platform tersebut dan juga berbagai program unggulannya. Caranya kamu dapat melihat rekam jejak penyedia layanan tersebut melalui media sosial dan website resminya.

Baca Juga: Manfaat Sedekah di Hari Jumat

Sedekah di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur membuka kesempatan bagi kamu yang ingin menunaikan sedekah. Kamu dapat bersedekah secara tunai langsung dengan datang ke kantor layanan yayasan.

Selain itu kamu juga dapat memilih layanan sedekah online yayasan untuk memudahkanmu dalam transaksi sedekah. Bagi kamu yang hendak menunaikan sedekah, klik tombol ‘Sedekah Sekarang’ di bawah ini.

Leave a Reply