Wajib Ditiru, Empat Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

Wajib Ditiru, Empat Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

Kesehatan merupakan nikmat dari Allah swt. bagi setiap hamba-Nya yang tak terkira. Selain itu kesehatan juga merupakan salah satu tanda kasih sayang Allah swt. terhadap hamba-Nya sehingga dengan tubuh yang sehat seorang hamba dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Adapun sebaliknya, ketika tubuh seseorang tidak sehat, maka ia akan mengalami berbagai hambatan dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-harinya.

Pada masa pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di belahan dunia ini, menjaga kesehatan menjadi sesuatu hal yang teramat penting, hal itu dikarenakan menjaga kesehatan merupakan salah satu cara agar aman dari paparan Virus Corona atau COVID-19. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi bagi semuanya untuk tidak menjaga pola hidup sehat serta menjalankan protokol kesehtan yang berlaku.

Bagi seorang muslim, dalam menjaga kesehatannya ia dapat menjadikan rasulullah saw. sebagai contoh untuk menciptakan pola hidup yang sehat. Dalam catatan sejarah disebutkan bahwa Rasulullah SAW jarang mengalami sakit, dan bahkan disebutkan juga bahwa seumur hidupnya beliau hanya pernah mengalami sakit sebanyak 2 kali, yaitu pada saat diracun oleh orang yahudi dan menjelang ajalnya tiba.

Lalu bagaimana cara hidup sehat ala rasulullah? Berikut adalah empat cara hidup sehat ala Rasulullah saw.

Menjaga Pola Makan

Kebanyakan sumber masalah kesehatan diakibi\atkan oleh pola makan yang kurang baik, dalam hal ini rasulullah saw. mencontohkan untuk menerapkan pola makan yang sehat dengan cara makan makanan yang halal dan baik serta tidak berlebihan. Secara prinsip, pola makan yang baik ialah tidak makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.

Selanjutnya kita juga dianjurkan untuk selektif dalam memilih makanan, dalam hal ini rasulullah saw  hanya memakan makanan yang halal dan baik, seperti: Ikan laut segar, buah-buahan(tin, zaitun, kurma, anggur, delima), madu, daging, susu dan biji-bijian(gandum).

Di waktu pagi saat sarapan rasulullah saw. selalu meminum segelas air yang dicampur dengan madu, hal itu tentu sangat baik bagi kesehatan, terlebih jika kita melihat khasiat madu bagi kesehatan. Selanjutnya menjelang waktu dhuha, Rasulullah memakan kurma sebanyak tujuh butir, dimana kurma ini dipercaya memiliki khasiat yang baik salah satunya menetralisir racun dalam tubuh.

Pada malam hari, rasulullah memakan sayur-sayuran. Dimana sayuran dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kesehatan tubuh. Selain itu, sayuran juga mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan. Setelah makan malam, rasulullah melakukan beberapa aktivitas terlebih dahulu sebelum tidur, dimana hal tersebut dapat mempermudah proses pencernaan makanan.

Menjaga Pola Tidur

Tidur merupakan kebutuhan tubuh setiap orang, dimana setiap orang perlu tidur yang cukup untuk tetap menjaga kesehatan. Sebaliknya, tidur berlebihan kurang baik dampaknya bagi kesehatan. Rasullah saw. mencontohkan kepada umatnya untuk tidur yang cukup dan menghindari kebiasaan begadang.

Rasulullah saw. tidak suka makan dan berbincang-bincang selepas waktu isya. Jika sudah saatnya tidur, maka Rasullah saw. akan segera tidur. Adapun waktu yang tepat untuk tidur adalah selepas Isya sampai kurang lebih jam 21.30. Dan untuk waktu bangun sebaiknya kita bangun di 1/3 malam untuk melakukan shalat malam.

Dengan demikian, waktu yang digunakan untuk tidur pada malam hari tidak lebih dari 8 jam. Selanjutnya, Rasulullah juga menyarankan untuk tidur sebentar di waktu siang.

Olahraga Rutin

Rasulullah menganjurkan kita untuk berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kesegaran jasmani. Selanjutnya olahraga selain dapat menyehatkan tubuh juga dapat menunjang perkembangan jiwa, meningkatkan keterampilan serta pertumbuhan badan, menjaga stamina dan memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Olahraga dapat menjadikan badan kita kuat dan tidak lemah, dimana seorang muslim yang kuat akan lebih dicintai oleh Allah dan Rasul dibanding seorang muslim yang lemah. Selanjutnya Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk mengajari anak-anaknya memanah, menunggang kuda dan berenang, dimana ketiga olahraga ini merupakan olahraga yang dapat meningkatkan ketangkasan dan kekuatan tubuh seseorang.

Rajin Menjalankan Puasa Sunnah

Puasa akan membawa kita pada kesehatan yang parpurna. Seacara fisiologis, puasa sangat erat denga kesehatan tubuh manusia, dimana dengan berpuasa sama halnya memberikan istirahat bagi sistem pencernaan dan sistme syaraf pusat. Seperti diketahui bahwa saluran pencernaan manusia merupakan organ dalam terbesar dan terberat didalam tubuh manusia, Selama 24 jam sustem pencernaan tersebut tidak berhenti melakukan semua proses pencernaan makanan.

Dalam banyak penelitian terhadap manfaat puasa bagi kesehatan tubuh menyebutkan bahwa berpuasa sangat menyehatkan dan memiliki beberapa khasiat seperti memberikan istirahat pada sistem pencernaan dan syaraf pusat, meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan kadar gula darah, mengikis cholestrol jahat, membuang racun dalam tubuh (detoksifikasi) dan lain sebagainya.

Yuk jalankan keempat cara atau pola hidup sehat ala Rasulullah saw. diatas, inysaallah akan menjadikan kita sebagai seorang muslim yang kuat dan sehat. Semoga Allah swt. senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua. Aamiin