Wakaf Lahan Pertanian, Wakaf Produktif yang Solutif
Lahan Pertanian Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Wakaf Lahan Pertanian, Wakaf Produktif yang Solutif

Masalah pangan merupakan masalah yang cukup serius di negeri ini, hal ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama untuk menghadapi dan mengatasinya. Berbicara tentang masalah pangan berarti ada keterkaitan yang sangat erat dengan sektor pertanian. Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Namun, saat ini sektor pertanian merupakan sektor yang sepi peminatnya terutama digolongan muda, hal ini dikarenakan banyak anggapan ditengah masyarakat bahwa berprofesi sebagai petani bukanlah profesi yang menjanjikan dan ketinggalan zaman. Padahal jika dilihat dari perannya, pertanian justru menjadi sektor yang sentral dalam menjaga ketahanan pangan serta kelestarian hidup.

Selanjutnya, masalah dalam sektor pertanian ialah masalah kesejahteraan para petani yang kian hari menunjukan kearah yang memprihatinkan. Selain itu masalah konversi lahan juga menjadi masalah yang timbul dan masif dalam sektor pertanian, sehingga banyak lahan yang seharusnya bisa dikelola sebagai lahan pertanian kini dialih fungsikan menjadi lahan nonpertanian.

Seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya kepedulian masyarakan terhadap sektor yang sentral ini, munculah beragam program wakaf produktif yakni program wakaf ketahanan pangan atau wakaf pertanian. Dimana dengan program wakaf pertanian ini dapat membuka lahan pertanian baru dan tentunya sifatnya abadi. Selain itu, melalui program wakaf pertanian juga, para petani yang kesejahteraan serta motivasinya untuk bertani yang sebelumnya turun, dapat diperdayakan menjadi petani yang sejahtera dan maju.

Wakaf pertanian atau wakaf ketahanan pangan diharapkan menjadi solusi ditengah menurunnya kesejahteraan dan minat para petani untuk kembali menggeluti sektor ini. Melalui program wakaf pertanian juga diharapkan para petani dapat menjadi petani yang sejahtera dan berdaya.

Wakaf Pertanian Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Dalam melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat pra sejahtera khususnya para petani di daerah pedesaan, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur meluncurkan “program wakaf pertanian”. Selain memberdayakan para petani, program wakaf pertanian ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yayasan yang dari hari kehari jumlah anak yatim binaannya terus bertambah.

Adapun untuk pengelolaan lahan pertanian tersebut, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Bekerja sama dengan petani lokal yang terdiri dari kaum dhuafa sertya masyarakat setempat dengan sistem bagi hasil. Selain itu, pelaksanaan program ini juga berada dalam pengawasan tenaga ahli yang secara rutin melakukan monitoring perkembangan program tersebut.

Pelaksanaan program wakaf pertanian ini selain dapat menjadikan yayasan mandiri dalam ketahanan pangan juga dapat menjadi salah satu cara untuk melakukan pemberdayaan kaum dhuafa agar mendapatkan mata pencaharian. Program wakaf ini juga diharapkan dapat menjadi pembuka lahan abadi pertanian dan menghindari konversi lahan untuk kepentingan nonpertanian.

Yuk menjadi bagian dalam mewujudkan kemandirian pangan serta pembebasan lahan pertanian dari pengalih fungsian lahan yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan pangan di Indonesia dengan cara berwakaf di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin. Mari kita bebaskan lahan pertanian mulai dari donasi senilai Rp. 250.000/ meter.

Yuk tunaikan wakafmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, Sahabat bisa mengirimkan donasi terbaiknya ke nomor rekening berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Klik disini untuk berdonasi.