Wakaf Pendidikan Yatim, Mencetak Generasi Berprestasi

Wakaf Pendidikan Yatim, Mencetak Generasi Berprestasi

Wakaf Pendidikan – Wakaf sejatinya bisa menjadi solusi dari kebutuhan umat islam. Kita semua tentunya menyepakati bahwa pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap muslim. Bahkan dalam pandangan islam pendidikan merupakan kebutuhan yang paling mendasar dibanding kebutuhan akan pangan dan lainnya.

Mengapa demikian? Jika umat Islam kesulitan mengakses pangan, hal tersebut akan berdampak pada rusaknya raga. Namun, jika umat islam tidak tidak bisa mengakses pendidikan, maka akan berdampak terhadap rusaknya akal dan jiwanya. Ketika akal dan jiwa seseorang rusak, maka dampaknya jauh lebih besar yakni ia akan menjadi manusia yang lemah dan hampa nurani.

Selanjutnya, dalam membangun sebuah peradaban yang maju, sumber daya manusia merupakan unsur terpenting didalamnya sehingga ketika umat islam tidak bisa mengakses serta mendapatkan pendidikan yang berkualitas, maka kualitas sumber dayanya akan tertinggal jauh. Dengan sumber daya yang lemah, umat islam akan tertinggal jauh dalam berbagai sektor kehidupan, ia tidak akan menjadi pemain dan hanya akan menjadi penonton dan objek dari kemajuan peradaban yang lainnya.

Wakaf sebagai salah satu instrumen ibadah dalam Islam, bisa dijadikan sebagai washilah atau jalan yang bisa ditempuh guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan dapat diakses secara gratis oleh umat islam khusunya anak-anak yatim dan dhuafa’.

Ketika pendidikan berkualitas dan dapat di akses gratis oleh umat islam khususnya anak-anak yatim dan dhuafa, maka harapan munculnya generasi yang berprestasi serta berkualitas semakin dekat.

Pendidikan berkualitas merupakan faktor yang paling menentukan sebuah peradaban, Ketika sebuah kaum dapat mengakses pendidikan berkualitas tersebut, maka bersiaplah akan munculnya generasi yang berprestasi dan berkualitas dalam menyongsong masa depan bangsa.

Wakaf Asrama Yatim Terpadu Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

“Wakaf asrama yatim” terpadu adalah program Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur yang bermaksud merwujudkan kawasan pendidikan dan pemberdayaan anak yatim yang terintegrasi dalam berbagai hal sehingga seluruh kegiatan pendidikan dan pemberdayaan terpusat dan terfokus dalam satu tempat yang sama.

Program wakaf asrama yatim ini didalamnya terdapat perpaduan antara kegiatan asrama yatim, kegiatan pendidikan formal (sekolah), pendidikan non formal, life skill, kepemimpinan, keagamaan, pengembangan minat dan bakat, layanan kesehatan dan lain sebagainya.

  • Tahapan Kegiatan

Tahapan awal program ini,  kami berencana membina dan mengasuh anak-anak yatim binaan kami yang terdiri dari berbagai tempat dan tersentral pada satu tempat binaan.  Adapun pada tahap berikutnya, kami berencana membina dan mengasuh anak yatim dari berbagai wilayah Indonesia terutama anak-anak yatim karena korban bencana alam.

  • Rencana Lokasi

Rencana lokasi asrama yatim terdiri dari lahan dan bangunan seluas +- 7000 M  yang beralamat di Jl. Pinawetengan RT 001 RW 07 no.9A, Kel. Pondok Bambu, Kec. Duren Sawit – Jakarta Timur. Dimana kawasan tersebut terdiri dari :

  • Asrama sejumlah 4 unit bangunan yang dapat menampung ratusan orang,
  • toilet sebanyak 100 unit,
  • 1 Gedung Pertemuan
  • 1 unit Gedung yang terdiri dari  2 lantai beserta belasan kamar untuk kegiatan Pendidikan
  • 1 unit masjid untuk kegiatan keagamaan
  • 2 bangunan rumah untuk kesekretariatan dan layanan kegiatan kesehatan
  • 1 unit Gedung untuk penerimaan tamu
  • Tembok sekeliling area
  • Harga Jual Tempat

Tempat yang menjadi target pembangunan asrama yatim tersebut dijual dengan harga Rp.70.000.000.000,- (Tujuh Puluh Milyar Rupiah). Secara nilai ekonomis tempat ini kami anggap murah, karena jika membeli tanah saja di daerah tersebut sudah cukup tinggi nilainya belum lagi jika harus membangun sarana sarana seperti yang telah disebutkan di atas nilainya bisa berkali lipat.

Berdasarkan pertimbangan kami, baik dari segi efektifitas serta efesiensi kerja dan juga pertimbangan tempat yang strategis dilengkapi dengan berbagai sarana yang dapat menunjang seluruh kegiatan pendidikan dan pemberdayaan yang diperlukan, kami berprogram untuk membebaskan lahan tersebut untuk dioperasionalkan sepenuhnya pada kegiatan Asrama yatim Terpadu.

Selanjutnya kami mengajak sahabat semua untuk berperan dalam mewujudkan ‘Asrama Yatim Dhuafa’ Terpadu ini dalam bentuk Wakaf, baik dalam bentuk voucher senilai masing-masing Rp.100.000,- atau senilai jumlah uang tertentu dalam bentuk wakaf tunai yang nantinya akan diaktakan dalam bentuk sertifikat wakaf tunai.

Yuk bantu wujudkan Generasi Berkualitas dan Berprestasi bersama Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Sahabat bisa mewujudkannya dengan berdonasi ke nomor rekening berikut.

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

Klik disini untuk konfirmasi

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Semoga peran sahabat semuanya membantu mewujudkan tujuan yang mulia ini. Semoga juga sahabat semua diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan seluruh aktivitasnya. Aamiin