You are currently viewing Wakaf Sebagai Sedekah Luar Biasa, Ini Alasannya

Wakaf Sebagai Sedekah Luar Biasa, Ini Alasannya

Jika ditinjau dari definisinya wakaf adalah bagian dari sedekah, akan tetapi wakaf ini menjadi sedekah luar biasa karena memiliki beberapa spesifikasi yang unik dan menjadi pembeda dari sedekah lainnya.

Peradaban islam sendiri hampir seluruhnya dibangun oleh dana-dana wakaf yang dihimpun oleh umat-umat terdahulu, tentunya hal tersebut bisa dirasakan oleh kita sampai saat ini yakni berupa nikmat iman dan islam yang kita rasakan saat ini.

Adapun salah satu sahabat Nabi yang terkenal dengan wakafnya ialah wakaf sumur Utsman bin Affan. Dimana saat itu Sayyidina Utsman bin Affan membeli sumur dari seorang Yahudi dengan harga 8000 dinar yang kemudian sumur itu diwakafkan untuk kepentingan umat muslim. Dan sumur walaf tersebut masih dirasakan manfaatnya hingga saat ini, bisa kita bayangkan betapa besar pahala yang mengalir kepada Utsman bin Affan.

Selanjutnya berbicara tentang spesifikasi dan keunikan dari wakaf, setidaknya ada tiga hal yang menjadikannya sebagai sedekah luar biasaa diantaranya sebagai berikut.

1). Manfaat yang berkelanjutan

Sedekah biasa  umumnya memiliki manfaat yang langsung habis sekali pakai. Misalnya, ketika kita datang ke daerah bencana untuk membagikan makanan, tentu tindakan itu berpahala besar karena memang dibutuhkan oleh banyak orang.

Akan tetapi, akan berbeda jika kita datang ke lokasi bencana dan kemudian membangun kembali fasilitas umum yang sebelumnya rusak akibat bencana. Tentunya manfaat dari fasilitas tersebut bisa terus menerus dirasakan oleh para korban bencana dan  pahalanya akan terus menerus kita terima.

2). Pahala yang Kekal

Manfaat dari harta atau tanah wakaf tentunya akan dirasakan dalam waktu yang panjang atau kekal, bahkan sampai pewakafnya meninggalpun pahalanya akan terus mengalir. Setiap kali ada manfaat yang didapat dari harta tersebut, maka saat itulah pahalanya pun diberikan oleh Allah.

Bisa kita bayangkan jika benda atau harta yang kita wakafkan terus masih aktif memberikan manfaat kepada orang banyak selama 100 tahun misalnya, maka kita akan terus menerus menerima pahala selama 100 tahun.

3). Adanya pengelola, jadi tidak terbengkalai

Pengelola wakaf (Nadzhir) dibutuhkan untuk memastikan apakah harta tersebut tetap terus bisa memberikan manfaat yang besar kepada pewakaf atau tidak. Di Indonesia sendiri banyak sekali badan pengelola wakaf  baik dalam skala regional maupun dalam skala nasional, tentunya lembaga tersebut berdiri untuk mengelola harta atau dana yang telah terhimpun sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh umat.

Adapun ketika dana yang terhimpun ini dikelola dengan baik dan sesuai dengan tuntunan syari’at islam, wakaf ini akan menjadi motor penggerak dari kemajuan umat islam. Kemajuan tersebut bisa dilihat dari berbagai sektor dari mulai ekonomi, pendidikan, pertanian dan lain sebagainya sehingga beban dan tanggung jawab para Nadzir ini sangat berat. Tentunya kita semua berdo’a semoga para pengelola Nadzir di negeri ini diberikan berbagai kemudahan sehingga dapat menunaikan kewajibannya dengan lancar.

Apakah wakaf ada Nisabnya?

Wakaf merupakan ibadah yang ditunaikan seperti halnya sedekah, dalam hal ini wakaf tidak memiliki nisab atau batasan kepemilikan harta dari jumlahnya. Harta yang diwakafkan tidak terbatas untuk siapapun dan dari kalangan manapun. Akan tetapi dalam menunaikan wakaf ada beberapa syarat benda atau barang yang akan diwakafkan diantaranya sebagai berikut:

1. Harta yang halal dan bisa diambil manfaatnya.

2. Harta kepemilikan penuh pewakaf, bukan harta milik bersama atau milik orang lain.

3. Harta yang mempunyai nilai.

4. Harta yang bisa diketahui kadar dan batasnya.

5. Harta bisa berupa harta bergerak maupun tidak bergerak.

Nah, jika harta yang diwakafkan telah memenuhi syarat di atas maka harta yang diwakafkan tersebut dikatakan sah. Wakaf terbuka bagi siapapun dan dalam jumlah berapapun asalkan barang atau hartanya memenuhi syarat-syarat diatas.

Dan saat ini banyak sekali program-program patungan atau tabungan wakaf, dimana program ini bisa kita manfaatkan bagi sahabat yang sedang belajar istiqamah dalam  bersedekah atau sahabat yang memiliki keterbatasan dana.

Yuk tunaikan wakaf terbaikmu di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur, dimana salah satu program wakafnya ialah program pembebasan lahan pendidikan terpadu di Pondok Bambu Jakarta Timur.

Bagi sahabat yang hendak menunaikan wakafnya, silahkan klik link wakaf ini dan tunaikan wakaf terbaikmu segera.