Walau Sedikit, Jangan Malu Untuk Bersedekah

Walau Sedikit, Jangan Malu Untuk Bersedekah

Sedekah merupakan salah satu dari sekian banyak amalan yang dianjurkan oleh rasulullah saw. Selain itu, sedekah juga merupakan amalan yang multi manfaat, pemantik keberkahan serta pembuka pintu-pintu rezeki seorang hamba yang menunaikannya. Tak heran, jika seorang hamba yang senantiasa bersedekah selalu Allah berikan rezeki dari arah yang tidak pernah diduga olehnya.

Berbicara tentang sedekah bukanlah berbicara tentang jumlah dan berapa banyak yang dikeluarkan, akan tetapi sedekah selalu berbicara tentang keikhlasan, sehingga ketika seseorang berbagi dengan harta yang banyak dan tidak ada ikhlas didalamnya maka apa yang dikeluarkan orang tersebut hanyalah sesuatu yang tak memiliki makna disisi-Nya.

Walau sedikit, jangan malu dan merasa minder untuk bersedekah. Sebab yang menjadikan sedekah kita diterima ialah adalah keikhlasan seorang hamba dalam bersedekah. Dan semakin ikhlas dalam bersedekah, maka peluang untuk mendapatkan keutamaan dari bersedekah semakin terbuka dengan lebar.

Kita mungkin merasa malu ketika bersedekah dengan jumlah sedikit, maka ketika kita bersedekah dengan jumlah yang banyak, Maka disaat sedekah banyak, tujuan kitapun mungkin bukan ikhlas karena Allah. Jadi jangan pernah malu walau bersedekah dengan jumlah yang sedikit jika memang itu kemampuan kita, tapi malulah ketika kita diberi begitu banyak nikmat oleh Allah swt. dan kita tidak ingat untuk bersedekah dan berbagi kepada orang lain.

Sekecil apapun sedekah yang kita berikan, pasti itu sangat bermakna bagi orang-orang lain yang membutuhkan, Bahkan sekedar memberi makan atau minum kepada orang yang sedang berpuasa Allah menjanjikan pahala yang begitu besar yakni senilai dengan pahala orang yang berpuasa tersebut.

Allah swt. memberikan pahala yang besar dari hal-hal kecil yang dikeluarkan oleh kita untuk sebuah perubahan atau kemashlahatan bersama, salah satunya dengan bersedekah. Pahala tersebut bisa dirasakan langsung di dunia dalam bentuk kesehatan, keselamatan, pekerjaan yang baik dan bahkan terhindar dari bencana. Sedangkan pahala kebaikan yang akan didapatkan di akhirat kelak ialah akan menjadi pemberat timbangan kebaikan dan menjadi penyelamat kita di akhirat kelak.

Perbuatan  Baik Yang Dicintai Allah

Sahabat, jangan ragu untuk bersedekah meskipun dengan jumlah yang sedikit, Insyaallah itu akan menjadi kebaikan dan pembuka keberkahan bagi kita yang mau menunaikannya. Sedekah merupakan salah satu perbuatan baik yang dianjurkan dalam islam, dan sedekah juga merupakan amalan baik yang disukai oleh Allah swt, Allah swt. berfirman :

Dan belanjakanlah (hartamu( di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baikQS. Al-Baqarah : 195

Sedekah sama halnya dengan membantu orang lain terutama bagi mereka yang sedang membutuhkan pertolongan atau uluran tangan, dan tentunya dengan bersedekah kita telah memberikan kebermanfaatan bagi orang lain. Dan tahukah sahabat, bahwa dalam sebuah hadits nabi disebutkan bahwa sebaik-baik manusia ialah orang yang bermanfaat bagi yang lainnya.

Tentunya menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain serta menjadi jalan kebahagian bagi orang lain merupakan suatu hal yang diinginkan oleh setiap orang. Untuk itu bersedekah adalah jalan yang bisa kita tempuh, meskipun jumlahnya sedikit akan tetapi jumlah yang sedikit tersebut memiliki nilai bagi mereka yang memanfaatkannya. Sahabat, sedekah juga tidak selamanya dilakukan dengan harta, mengeluarkan tenaga, pikiran dan bahkan jabatan untuk membantu orang lain juga termasuk ke dalam sedekah.

Sahabat, mari sisihkan sebagian dari hartamu untuk bersedekah, meskipun itu jumlahnya sedikit insyaallah akan menjadi pemupuk keberkahan dan keikhlasan dalam diri kita. Semoga kita semua senantiasa diberikan hidayah untuk bersedekah, dan tentunya juga semoga dilapangkan rezekinya oleh Allah sehingga mampu bersedekah dan memberikan manfaat bagi yang membutuhkan.

Yuk bersedekah di Yayasan Rahmatan Lil-alamin Jakarta Timur, sahabat bisa mendonasikan sedekah terbaiknya melalui nomor rekening berikut :

BCA No. Rek. 2303279946

Mandiri No. Rek. 166.000.089.495.6

Bank BRI No. Rek. 0652.01.000182.30.4

Bank Permata Syari’ah No. Rek. 07.014.071.80

A / N Yayasan Rahmatan Lil-Alamin

Klik disini untuk konfirmasi.