You are currently viewing Yuk Puasa Sunnah, Berikut Sederet Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Yuk Puasa Sunnah, Berikut Sederet Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – Selain menunaikan puasa wajib selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan, umat islam juga dapat menunaikan puasa sunnah diluar bulan Ramadhan. Misalnya puasa Senin Kamis, puasa ayyamul bidh, puasa arafah dan puasa-puasa lainnya.

Selain mendatangkan banyak pahala dari sisi-Nya, puasa juga memberikan banyak pelajaran bagi diri kita sendiri. Diantaranya menghindari segala sesuatu yang berlebihan dalam hal ini makan dan minum dan mengajarkan kita untuk hidup sesuai dengan kebutuhan.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia

Seperti yang kita ketahui, bahwasannya makan dan minum yang berlebihan dapat mendatangkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh. Dalam hal ini, puasa dapat mengurangi suplai makanan yang masuk ke dalam tubuh dan mengurangi terjadinya penumpukan racun di dalam tubuh.

Penumpukan zat racun dalam sel merupakan sesuatu yang menakutkan dan dapat mengancam kesehatan manusia. Para ilmuan mengatakan, zat-zat racun yang menempel di dalam sel dapat menghambat kinerja sel dan memperlambat aktivitasnya.

Setiap manusia memiliki potensi yang besar untuk menyerap zat-zat racun yang menumpuk tersebut. Dimana zat-zat beracun tersebut dapat merusak sel-sel tubuh secara perlahan dan berangsur. Dalam hal ini, puasa dapat menjadi halnya senjata tersamar yang dapat menangkal dan membuang zat-zat racun tersebut tanpa sedikitpun meninggalkan efek samping di bagian organ-organ manusia.

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah niscaya kalian akan sehat.” (HR. Thabrani dalam Mu’jam al Awsath)

Secara periwayatan hadits diatas tergolong lemah. Namun secara substansi, hadits ini tidak bertentangan dengan manfaat ibadah yaitu meraih kesehatan spiritual dan fisik, serta todak bertentangan juga dengan berbagai riset kesehatan yang menyimpulkan bahwa ibadah puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan imunitas.

Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia

Menjalankan puasa sunnah secara rutin termasuk puasa Senin dan Kamis dapat menjadi waktu bagi tubuh kita untuk beristirahat setelah berusaha keras setiap hari untuk mengolah semua asupan makanan dan minuman. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan terus melakukan reset ulang dan membuat proses pembakaran lemak dan energi di tubuh menjadi lebih efektif.

Baca Juga : Kiat Khusyuk dalam Menunaikan Shalat

Untuk itu, marilah kita senantiasa berusaha agar mampu merutinkan puasa sunnah dan dapat meraih manfaatnya. Berikut adalah sederet manfaat puasa bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Menurunkan Berat Badan.

2. Menurunkan tekanan darah.

3. Menurunkan Kolestrol.

4. Meningkatkan fungsi otak.

5. Mencegah kanker.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Tidur lebih nyenyak.

8. Menurunkan risiko diabetes.

9. Mencegah Alzheimer.

10. Memperpanjang umur.

11. Menjaga kesehatan kulit.

Sahabat, manfaat puasa bagi kesehatan tubuh memang sangatlah beragam. Namun, perlu kita ingat bahwasannya manfaat ini tidak akan serta merta didapatkan hanya dengan berpuasa satu kali. Artinya kita harus merutinkan puasa tersebut dan puasa yang dilakukan secara rutindalam jangka waktu yang panjang disertai dengan gaya hidup yang sehatlah yang dapat memberikan berbagai kebaikan untuk kesehatan kita.

Leave a Reply