You are currently viewing 5 Tips Agar Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

5 Tips Agar Tetap Produktif di Bulan Ramadhan

Tips Produktif Dibulan Ramadhan – Di bulan Ramadhan ini seluruh muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Adapun kewajiban puasa yang harus kita tunaikan jangan sampai menjadikan alasan untuk tidak produktif, rebahan atau malah malas-malasan. Akan tetapi sebaliknya, bulan Ramadhan ini harus kita gunakan seproduktif mungkin agar bisa meraih pahala sebanyak-banyaknya.

Ramadhan adalah bulan yang tepat untuk meraih pahala sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, selain menjalankan ibadah puasa, kita juga harus tetap produktif melakukan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat. Berikut adalah tips produktif dibulan Ramadhan yang bisa sahabat lakukan.

1. Konsumsi makanan bergizi saat sahur

Tips Produktif Dibulan Ramadhan

Sahur merupakan amalan yang di sunnahkan sebelum menjalankan ibadah puasa. Sahur memiliki tujuan supaya kita kuat dalam menjalankan ibadah puasa selama satu hari penuh. Agar tetap sehat dan produktif di bulan Ramadhan, konsumsilah makanan yang mengandung cukup gizi saat sahur. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan protein. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengonsumsi air yang cukup.

2. Jangan berlebihan saat berbuka

Menahan lapar dan haus selama satu hari penuh jangan sampai menjadikan kita kalap ketika berbuka puasa. Artinya saat berbuka puasa, jangan sampai kita makan terlalu berlebihan. Berbukalah secukupnya dan lakukanlah secara bertahap. Kita bisa memulainya dengan cara mengonsumsi makanan yang ringan terlebih dahulu seperti kurma ataupun buah-buahan lainnya untuk sekedar membatalkan puasa.

Setelah itu kita bisa menjalankan shalat magrib terlebih dahulu dan kemudian mulai mengonsumsi yang berat seperti nasi beserta lauknya atau makanan yang lain. Waktu berbuka adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan do’a, untuk itu perbanyaklah do’a di waktu buka puasa.

3. Jangan lupa tetap berolahraga

Tips Produktif Dibulan Ramadhan

Kewajiban berpuasa yang mengharuskan kita menahan haus dan lapar selama satu hari penih jangan sampai menjadikan kita bermalas-malasan. Berpuasa juga jangan menjadikan tubuh sakit. Agar tetap sehat dan produktif, jangan lupa untuk tetap berolahraga selama bulan Ramadhan. Temukan waktu yang sesuai untuk berolahraga, adapun waktu yang disarankan untuk berolahraga ialah pagi hari dan sore hari.

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, hindarilah olahraga yang memiliki intensitas yang sangat tinggi. Hal tersebut dilakukan agar kita tidak mengalami kelelahan, terlebih ditengah kondisi perut yang kosong.

4. Maksimalkan kehidupan sosial

Bulan Ramadhan merupakan momen yang tepat untuk memaksimalkan kehidupan sosial kita. Di bulan yang berkah ini kita dianjurkan untuk mempererat silaturahmi, baik itu dengan teman ataupun keluarga. Adapun ditengah kondisi pandemi seperti saat ini, kita juga bisa bersilaturahmi dengan kerabat kita menggunakan media yang ada seperti video call, chat grup ataupun yang lainnya.

Berbicara dengan kehidupan sosial, kualitas akan jauh lebih penting dibanding kuantitas, untuk itu nikmatilah setiap waktu yang sahabat habiskan bersama kerabat ataupun keluarga baik secara langsung maupun secara virtual.

5. Tidurlah yang cukup

Tips Produktif Dibulan Ramadhan

Waktu tidur bukanlah waktu yang dapat disepelekan begitu saja, ia sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh kita. Adapun ketika seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, selain akan berdampak pada kesehatan juga akan berdampak pada aktivitas sehari-hari. Misalnya ketika kita kurang tidur, bisa jadi kita akan sangat mengantuk di jam kerja.

Baca Juga : Berbagi Buka Puasa Bersama RPK Peduli

Lebih buruknya lagi, waktu tidur yang yang tidak cukup dapat mengakibatykan kita kehilangan motivasi untuk tetap produkti dan akhirnya tidak menghasilkan aktivitas apapun.

Lima tips produktif diatas bisa menjadi panduan bagi sahabat semua untuk tetap produktif di bulan Ramadhan. Jangan sampai Ramadhan tahun ini berlalu begitu saja tanpa berbekas sama sekali. Untuk itu, pastikan seluruh target sahabat di bulan Ramadhan ini tercapai.

Leave a Reply