You are currently viewing 8 Cara Mengubah Pola Tidur yang Berantakan

8 Cara Mengubah Pola Tidur yang Berantakan

Cara Mengubah Pola Tidur yang Berantakan – Pola tidur menjadi salah satu unsur kesehatan yang perlu kamu jaga dengan baik guna menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

Memiliki pola tidur yang berantakan tentunya akan menjadi ancaman dan berdampak buruk pada kesehatan tubuhmu, jangka pendeknya kamu akan merasa ngantuk dan kurang konsentrasi saat beraktivitas.

Namun, lebih dari itu dampak pola tidur yang berantakan dapat melemahkan sistem imun, menaikan berat badan, menurunkan kesehatan fungsi seksual dan mental, serta mengundang risiko penyakit kronis.

Salah satu contoh dari pola tidur yang  berantakan ialah sering terjaga lama di malam hari atau begadang. Pola tidur yang baik tentunya menjadi perkara yang harus kamu wujudkan supaya mampu hidup lebih sehat dan produktif.

Berikut adalah 8 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengubah pola tidur yang berantakan menjadi lebih baik.

1. Buatlah rutinitas tidur

Cara Mengubah Pola Tidur yang Berantakan
(Foto: Pixabay)

Normalnya, setiap orang harus memiliki kebiasaan tidur dengan durasi sekitar 7-8 jam di malam hari. Namun, sebagian orang belum memenuhi kebutuihan tersebut.

Jika kamu merasa jam tidurnya kurang dari durasi tersebut, kamu dapat mencoba untuk membentuk rutinitas tidur yang baik, pada mulanya kamu harus mengenali dan mengatasi beberapa faktor yang menggangu untuk mendapatkan jam tidur yang cukup.

Setelah itu, atur jam tidurmu setiap harinya dengan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi sampai kamu terbiasa dengan waktu tidur tersebut.

2. Konsisten

Setelah kamu membuat rutinitas, langkah selanjutnya ialah konsisten pada rutinitas yang telah kamu buat tersebut.

Konsisten menjadi kunci utama agar kamu mampu merubah pola tidur yang berantakan dengan membangun kebiasaan tidur dan bangun lebih awal dengan durasi yang cukup.

Meskipun terlihat sulit, kamu harus tetap memaksanakannya untuk menjaga kesehatan yang optimal serta meraih kualitas hidup yang lebih baik.

3. Perhatikan makanan dan minuman

Cara Mengubah Pola Tidur yang Berantakan
(Foto: Pexsels/acharaporn-kamornboonyarush)

Selanjutnya untuk merubah pola tidur yang berantakan kamu juga harus memperhatikan makanan dan minuman utamanya sebelum kamu tidur. Hal itu tak lain karena ada jenis makanan dan minuman tertentu yang dapat menghambat kamu tidur lebih awal atau mengganggu kualitas tidurmu.

Sebelum kamu tidur, hindari mengonsumsi minuman yang mengandung kafein serta hindari juga makanan yang asam dan pedas karena dapat mengakibatkanmu sakit perut.

Sebaiknya kamu mengonsumsi air putih, buah, segelas susu hangat, ataupun yogurt beberapa jam sebelum kamu tidur. Hindari makan dan minum tepat sebelum kamu beranjak ke kasur.

4. Buatlah tempat tidur senyaman mungkin

Agar mendapatkan kualitas dan waktu tidur yang cukup, buatlah tempat tidurmu senyaman mungkin.

Hindari kebisingan baik dari dalam ataupun lingkungan rumah.

Selanjutnya, atur juga suhu ruangan agar tetap sejuk dan pastikan kamu tertidur dengan posisti tidur yang nyaman dengan perlengkapan yang mendukung seperti bantal dan selimut bersih.

5. Atur pencahayaan kamar

Atur pencahayaan untuk meraih pola tidur yang baik. Kurangi paparan cahaya malam hari yang berasal dari lampu, monitor komputer, ataupun handphone.

Pada pagi hari, buatlah kamarmu terisi dengan cahaya baik matahari ataupun lampu, kamar yang terang akan memudahkan seseorang untuk terbangun.

6. Atur jam tidur siang

Tidur siang pada dasarnya baik untuk kesehatan, namun jika terlalu lama dapat menjadi penyebab kamu sudah tidur di malam hari.

Sebab itu, aturlah jam tidur di siang hari, jika terbiasa dengan tidur siang usahakan agar tidur siang selama 20 menit saja atau tidak lebih dari satu jam. Hindari juga tidur siang setelah makan.

7. Hindari stres dan banyak pikiran

Diantara banyaknya penyebab susah tidur ialah stres dan banyak pikiran, dengan demikian hindarilah stres dan banyak pikiran saat kamu hendak tidur.

Baca Juga: Empat Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah

Jika hal itu terjadi, bangunlah dari tempat tidur dan lakukanlah aktivitas yang membuat kamu jauh lebih rileks misalkan melakukan meditasi dan latihan pernapasan.

8. Olahraga secara rutin dan teratur

Cara Mengubah Pola Tidur yang Berantakan
(Foto: Pexsels/shotpot)

Pola tidur yang baik bisa kamu dapatkan dengan rutin berolahraga. Aktivutas fisik ini dapat membantu kamu mengurangi stres dan menjadikan suasana hati lebih baik.

Jika kamu memiliki rutinitas olahraga, lakukan hal itu secara teratur dan usahakan di pagi hari.

Sahabat, diatas adalah beberapa cara yang dapat kamu temput untuk mengubah pola tidur yang berantakan menjadi lebih baik. Mari kita wujudkan hidup sehat dengan menciptakan pola tidur yang baik.

Leave a Reply