You are currently viewing Agar Kesehatan Tetap Terjaga, Awali Pagimu dengan Kebiasaan Ini

Agar Kesehatan Tetap Terjaga, Awali Pagimu dengan Kebiasaan Ini

Kebiasaan Baik di Pagi Hari – Sahabat, apa yang kamu rasakan saat bangun di pagi hari? Apakah masih merasakan lelah meskipun telah tidur cukup lama? Atau pas bangun pagi sudah merasa bad mood?

Berbicara tentang bangun pagi, hal yang harus kita lakukan adalah bangun lebih awal untuk memulai hari. Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, bangun lebih awal memungkinkan kamu untuk memulai pagi dengan produktif. Dalam hal ini, sahabat bisa mengisi waktu untuk membaca Al-Quran, berdzikir, memasak, mencuci, olahraga dan lain sebagainya jika sahabat mampu bangun lebih bagi.

kebiasaan baik di pagi hari
Bangun lebih awal memiliki dampak yang baik bagi kesehatan.

Bangun lebih awal erat kaitannya dengan kualitas dan kuantitas tidur. Agar sahabat mampu meraih keduanya sehingga mampu bangun lebih awal, maka sahabat harus memastikan untuk tidur lebih awal dan cukup. Usahakan juga tidak makan sebelum tidur ataupun hal-hal lain yang dapat mengganggu kualitas tidur sahabat.

Sahabat, mengawali pagi dengan rutinitas yang produktif sebenarnya dapat menjadikan perasaan dan kesehatan kita lebih baik. Walaupun begitu, bagi sebagian orang menjalani kebiasaan baik di pagi hari ternyata sangat sulit dan menjadi hal yang cukup memberatkan.

Tidak sedikit orang yang cenderung mematikan alarm mereka saat tengah nikmat tidur dan memilih untuk melanjutkan tidur. Memang bangun siang tidak masalah, akan tetapi bukanlah lebih baik jika kita mampu mendapatkan sinar matahari pagi dan memulai pagi dengan semangat.

Agar perasaan dan kesehatan kita tetap baik, lakukan kebiasaan sehat di pagi hari berikut ini.

1. Setelah bangun tidur, jangan langsung cek ponsel

Mebuka ponsel pas bangun tidur bukanlah kebiasaan yang baik dan harus segera diakhiri. Hal itu dikarenakan membuka ponsel pas bangun pagi dapat menjadikan kita untuk berpikir telah melewatkan banyak hal. Selain itu, kebiasaan membuka ponsel pas bangun pagi dapat memicu stres pada seseorang.

kebiasaan baik di pagi hari
Gantilah kebiasaan membuka ponsel pas bangun pagi dengan kebiasaan lain seperti mandi atau menyeduh kopi.

Untuk itu, gantilah kebiasaan membuka ponsel pas bangun pagi dengan kebiasaan lain seperti mandi atau menyeduh kopi. Dalam hal ini, sahabat juga bisa mengganti kebiasaan membuka ponsel pas bangun pagi dengan langsung mengambil air wudhu.

2. Minum air segera setelah bangun

Setelah bangun pagi, sahabat bisa segera mengambil air minum dan kemudian meminumanya. Minum beberapa gelas air pas bangun bagi menjadi kebiasaan baik di pagi hari yang dapat memungkinkan tubuh untuk melakukan rehidrasi serta membantu usus bagian bawah bekerja lebih baik. Selain itu, minum pas bangun pagi juga dapat mengoptimalkan fungsi metabolisme dalam tubuh kita.

3. Menghirup udara segar di pagi hari

Alasan kenapa kita harus bangun lebih awal adalah agar memiliki kesempatan untuk menghirup udara segar di pagi hari. Menghirup udara di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita salah satunya adalah dapat meningkatkan sistem imun. Terlebih jika kebiasaan ini dilengkapi dengan olahraga akan jauh lebih baik.

4. Sempatkan untuk melakukan sedikit peregangan

Jika tak sempat untuk berlari ataupun olahraga lainnya, usahakan sahabat tetap bergerak meskipun hanya sekedar stretching atau pergangan di pagi hari, Hal itu penting untuk dilakukan karena peregangan yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan fleksibilitas dan mempersiapkan otot untuk beraktivitas fisik. Selain itu, melakukan peregangan secara teratur juga dapat meningkatkan sirukalasi darah dan mengurangi nyeri otot.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

5. Jangan lupa pilih sarapan yang sehat

Pemilihan makanan untuk sarapan akan memberikan pengaruh terhadap tingkat energi kita seharian penuh. Untuk itu, usahakan agar memenuhi kebutuhan nutri dengan memilih menu sarapan yang sehat.

6. Jangan lupa bersyukur

Berbicara tentang syukur, mungkin kita akan digirangkan pada sebuah pertanyaan ini sudahkah bersyukur hari ini?

Sahabat, rupanya rutin bersyukur akan meningkatkan kualitas hidup dan mempengaruhi kesehatan fisik ataupun mental. Syukur juga menjadi salah satu cara untuk meraih hidup yang bahagai. Untuk itu, mengapa kita tak mencoba untuk meraih hidup bahagia di pagi hari dengan bersyukur.

Leave a Reply