You are currently viewing Agar Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Ini

Agar Tetap Sehat, Yuk Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Ini

Makanan Sehat dan Bergizi – Ditengah kondisi pandemi saat ini, kesehatan tubuh menjadi hal yang utama dan sangat perlu untuk dipelihara agar tidak jatuh sakit. Dalam menjaga kesehatan tubuh dapat dimulai dari konsumsi makanan sehat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Makanan menjadi asupan utama yang dapat memberikan nutrisi serta energi bagi tubuh agar dapat beraktivitas. Agar kesehatan tetap terjaga, tentunya makanan yang masuk ke dalam tubuh juga haruslah makanan sehat dan penuh nutrisi.

Makanan Sehat dan Bergizi | Yayasan Anak Yatim di Jakarta

Konsumsi makanan sehat dan bergizi dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga berat badan dan kesehatan, terhindar dari berbagai macam penyakit, meningkatkan kualitas tidur serta meningkatkan produktivitas dalam kegiatan sehari-hari.

Konsumsi makanan sehat setiap hari sangat diperlukan guna mencukupi kebutuhan gizi harian. Membiasakan diri untuk memenuhi konsumsi makanan sehat setiap hari merupakan hal yang sangat mudah, hal itu dikarenakan makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi banyak sekali ragamnya.

Selanjutnya makanan sehari-hari juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pola makan yang sehat dapat memberikan energi pada tubuh untuk berakitivitas serta zat gizi untuk menjalankan fungsinya. Untuk berfungsi dengan baik, tubuh membutuhkan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan. Kemudian makanan tersebut akan mengalami proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan sehat dan bergizi yang baik untuk dijadikan sebagai konsumsi harianmu.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau menjadi makanan dengan urutan pertama dalam jenis makanan sehat. Adapun kandungan yang terdiri dari sayuran adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, folat, dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan.

Makanan Sehat dan Bergizi | Yayasan Anak Yatim di Jakarta

Sayuran hijau juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Sahabat dapat memilih sayuran hijau yang beragam mulai dari sawi hijau, brokoli, kangkung, selada hingga bayam. Sayuran hijau juga dapat dikonsumsi dengan berbagai macam cara, dari mulai direbus, di tumis, dikukus ataupun dijadikan sebagai lalap.

2. Buah-buahan

Seperti halnya sayuran, buah-buahan juga terkenal sebagai makanan sehat yang mengandung banyak vitamin. Banyak sekali buah-buahan yang bisa dijadikan sebagai konsumsi wajib sehari-hari seperti Apel (mengandung serat, vitamin C dan antioksidan), Jeruk (kaya dengan vitamin C, Pisang yang mengandung kalium), Alpukat ( mengandung lemak sehat kalium dan vitamin C), serta beri-berian yang renda kalori serta kaya akan oksidan dan serat.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan berbagai mineral penting termasuk magnesium dan vitamin E. Sebagai makanan sehat yang bertekstur renyah, kacang-kacangan juga menjadi sumber protein yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian tubuh.

Kebutuhan protein tubuh harian dapat diperoleh dari kacang-kacangan ataupun biji-bijian seperti kacang tanah, kacang mete, kacang almond, biji kabu dan biji wijen.

4. Daging dan Telur

Daging merupakan salah satu jenis makanan yang tergolong mahal. Akan tetapi daging memiliki banyak kandungan nutrisi yang dapat memberikan manfaat pada kesehatan tubuh. Terlebih pada daging sapi tanpa lemak, daging sapi tanpa lemak mengandung banyak protein dan zat besi paling tinggi dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Makanan Sehat dan Bergizi | Yayasan Anak Yatim di Jakarta

Selanjutnya telur juga menjadi salah satu makanan sehat yang direkomendasikan untuk dijadikan sebagai konsumsi sehari-hari. Sebagai jenis makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi, telur juga mengandung nutrisi lengkap mulai dari vitamin, mineral, lemak tak jenuh hingga zat antioksidan.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi

5. Ikan

Ikan segar merupakan makanan sehat yang mengandung protein tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung dalam ikan antara lain asam lemak omega-3, vitamun D, kalsium, yodium dan berbagai nutrisi penting lainnya. Kandungan yang ada dalam ikan tersebut dapat berperan untuk menjaga kesehatan otak dan jantung.

Sahabat, konsumsi makanan sehat dan bergizi sangatlah perlu agar kesehatan tetap terpelihara. Disamping mengkonsumsi makanan sehat, sahabat juga perlu untuk mengenali serta sebisa mungkin menghindari makanan yang tidak sehat agar kesehatan tetap terpelihara. Adapun jenis-jenis makanan yang sebaiknya sahabat hindari antara lain junkfood, fastfood, gorengan, minuman tinggi gula serta makanan penuh lemak.

Leave a Reply