You are currently viewing Tiga Alasan Kenapa Kamu Harus Berqurban di Hari Raya Idul Adha

Tiga Alasan Kenapa Kamu Harus Berqurban di Hari Raya Idul Adha

Rahmatanlilalamin.or.id – Qurban atau yang sering disebut dengan istilah udhiyah adalah menyembelih hewan ternak dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha dan hari tasyrik.

Selain karena untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala, penyembelihan hewan qurban pada hari raya Idul Adha diperintahkan juga untuk menghapus sikap serakah dalam diri.

Penyembelihan hewan qurban diharapkan menjadikan seorang Muslim mampu memaknai hidupnya untuk mencapai ridho Allah semata. Saat berqurban, seorang Muslim mengorban segalanya baik jiwa, hartam dan keluarga untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Berdasarkan hal itu, pada hakikatnya yang diterima oleh Allah dari ibadah qurban bukanlah daging atau darah hewan yang disembelih, melainkan ketakwaan dan ketulusan dari orang yang berqurban, hal itulah yang akan sampai kepada-Nya.

Alasan kenapa Harus Berqurban di Hari Raya Idul Adha

Alasan Kenapa Harus Berqurban

Nah, bagi kamu yang masih bingung untuk berqurban atau tidak sedangkan secara finansial memiliki kemampuan, simak beberapa alasan kenapa harus berqurban di hari raya Idul Adha berikut ini.

1. Qurban Merupakan Ibadah yang Hadir Setahun Sekali

Penyembelihan hewan qurban merupakan ibadah yang hanya ada satu kali selama satu tahun yakni pada hari raya Idul Adha. Artinya, jika kamu telah memiliki kecukupan harta tahun ini dan melewatkannya bergitu saja maka kamu harus menunggu kesempatan tersebut satu tahun lagi.

Dengan demikian, jika kamu memiliki harta yang cukup sebaiknya menunaikan qurban tahun ini. Sebab, kesempatan berqurban tersebut belum tentu akan datang di tahun yang akan datang saat kamu melewatkannya begitu saja.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah melarang seorang muslim yang mampu berqurban namun melewatkannya untuk tidak mendekatkan diri tempat shalat atau masjid.

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan untuk berqurban namun dia tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami” (HR Ibnu Majah, Ahmad dan Al Hakim)

2. Waktu yang Pas Untuk Berlomba-lomba dalam kebaikan

Berlomba-lomba dalam kebaikan merupakan satu hal yang diperbolehkan dalam Islam. Dalam melaksanakan ibadah qurban, kita dianjurkan berqurban dengan hewan qurban terbaik dan gemuk.

Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Allah menyukai seorang hamba yang berqurban dengan hewan yang paling mahal dan gemuk.

3. Momen yang Pas untuk Berbagi

Pada hewan qurban terdapat sepertiga bagian untuk disedekahkan kepada orang lain yang berhak menerimanya. Kamu dapat membagikan daging qurbanmu kepada masyarakat pra sejahtera yang mungkin bagi mereka mengonsumsi daging adalah hal yang langka baginya.

Di samping itu, kamu juga dapat menunaikan ibadah qurbanmu di lembaga sosial atau yayasan yang melayani penyembelihan dan pendistribusian qurban sehingga daging qurbanmu akan disalurkan kepada masyarakat pra sejahtera di berbagai pelosok daerah.

Baca Juga: 10 Amalan Sunnah Idul Adha

Selain momen untuk berbagi daging qurban, penyembelihan hewan qurban juga dapat menjadi kabar baik bagi para peternak yang mengurusi hewan qurban. Sebab, hewan ternak mereka bisa lakuk dan meningkatkan penghasilan mereka.

Demikianlah tiga alasan penting kenapa kamu harus berqurban di hara Idul Adha. Bagi kamu yang sudah yakin untuk berqurban tahun ini yuk segera daftar qurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin dengan menekan tombol di bawah ini.

Leave a Reply