You are currently viewing Amalan yang Membuat Hati Tenang

Amalan yang Membuat Hati Tenang

Amalan yang Membuat Hati Tenang – Sahabat, kondisi hati yang tenang tentunya akan berpengaruh pada lisan dan anggota tubuh yang lainnya. Saat kondisi hati kita tenang seluruh anggota tubuhpun ikut tenang. Segala tindakan akan tetap berada pada jauluh yang dibenarkan dan dijauhkan dari sikap yang membahayakan. Selanjutnya, setiap kata yang diucapkan akan selalu mengandung hikmah dan tidak keluar dari kesantunan meskipun berada dalam kondisi yang amat sulit sekalipun.

Hati yang tenang adalah sebuh kondisi dimana hati ini tidak merasa gelisah ataupun ketakutan akan sesuatu yang bersifat duniawi. Hati yang tenang juga akan berpengaruh pada kualitas hidup dan amal yang diperbuat. Tentunya setiap individu menginginkan hati yang tenang.

Amalan yang Membuat Hati Tenang
Doa bersama dan santunan anak yatim.

Banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan untuk meraih ketenangan dalam hati. Tentunya setiap pekerjaan yang dilakukan tersebut harus berada dalam jalan kebaikan yang diridhai oleh-Nya. Berikut adalah beberapa amalan yang insyaallah membuat hati kita jadi lebih tenang, simak penjelasannya berikut ini.

1. Selalu Bersyukur

Bersyukur menjadi amalan ringan yang bisa mendatangkan ketenangan dalam hati kita. Hal itu karenakan bersyukur dapat menjadikan hati kita lapang dalam menerima segala ketetapan dan pemberiannya. Dengan bersyukur juga kita akan meyakini bahwa Allah SWT lebih tahu apa yang kita butuhkan, meskipun yang hadir terkadang bukanlah sesuatu yang kita inginkan.

2. Membaca Al-Quran

Hati dan pikiran yang tenang menjadi penunjang bagi kelancaran seluruh aktivitas kita. Al-Quran merupakan salah satu obat yang dapat memberikan ketenangan bagi para pembacanya. Tak hanya memberikan ketenangan, membaca atau mendengarkan Al-Quran juga dapat menjadikan kita lebih dekat dengan Sang Pencipta, mengingatkan kita pada kebesaran dan keagungan-Nya.

Amalan yang Membuat Hati Tenang
Membaca Al-Quran mendatangkan ketenangan hati.

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ketahuilah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenang.” (QS. Ar Ra’d: 28)

3. Memperbanyak Dzikir dan Istighar

Sahabat, diantara penyebab gelisahnya hati ialah kurangnya dzikir dan banyaknya dosa. Dengan demikian, berdzikir dapat menenangkan hati yang gelisah, melembutkan hati yang keras, dan membasahi hati yang kering.

Kemudian, beristighfar juga dapat mendatangkan ampunan dari-Nya atas segala dosa dan khilaf. Beristighfar juga dapat memberikan ketenangan dalam hati bagi siapa saja yang mengerjakannya.

4. Shalat Malam

Shalat malam merupakan amalan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi dan bagian dari amalan rutin orang-orang shaleh terdahulu. Pada waktu shalat malam terdapat waktu mustajab untuk dikabulkannya setiap doa yang dipanjatkan. Allah SWT membukakan pintu-pintu syurga dan mendengar doa setiap hamba-Nya yang terbangun dan mendirikan shalat di seperti malam.

5. Melatih diri untuk terus bersabar

Sabar merupakan salah satu cara untuk mengendalikan diri bagi seorang muslim, terlebih jika berada dalam kondisi yang tidak bersahabat. Dengan bersabar kita tidak akan terbawa emosi dan terhindar dari segala perbuatan yang merugikan. Sabar dalam hal ini dapat dibagi menjadi dua sisi, pertama sabar dalam menghadapi ujian dan kesulitan dan kedua adalah sabar dalam menunggu hasil dari segala iktiar yang dikerjakan.

Sabar dapat menghindarkan dari perilau tergesa-gesa dan terburu-buru. Allah SWT senantiasa membersamai orang-orang yang mampu bersabar. Agar hati tetap tenang, sabar menjadi bagian terpenting dalam hidup ini untuk diamalkan dalam berbagai aspek kehidupan.

6. Melatih diri untuk istiqamah bersedekah

Sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan cara memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas dan tanpa mengharapkan imbalan. Bentuknya tak hanya memberikan harta ataupun benda melainkan dapat juga dengan amal kebaikan seperti halnya senyuman yang juga bernilai sedekah di sisi Allah.

Amalan yang Membuat Hati Tenang
Raih ketenangan hati dengan bersedekah.

Allah akan membalas setiap kebaikan orang yang bersedekah dengan kebaikan yang berlipat ganda. Tak hanya itu, orang yang bersedekah juga akan mendapatkan keutamaan yang mulai disisinya seperti halnya diangkatnya rasa khawati dan sedih yang dialaminnya. Allah SWT berfirman.

Baca Juga : 9 Keutamaan dan Manfaat Salat Subuh Yang Jarang Diketahui

“Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati,” QS. Al-Baqarah ayat 274.

Sahabat, diatas adalah beberapa amalan yang membuat hati tenang. Semoga kita semua diberi kemudahan untuk mengamalkannya. Semoga juga hati kita senantiasa diberikan ketenangan sehingga dapat mengerjakan seluruh aktivitas kita dengan lancar dan berkualitas.

Leave a Reply