You are currently viewing 13 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit
(Foto: Pixabay)

13 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Rahmatanlilalamin.or.id – Cara menjaga kesehatan tubuh merupakan pengetahuan penting yang harus diketahui oleh siapapun. Sebab, kesehatan merupakan aset paling berhaga yang tebusannya sangat mahal.

Bayangkan, jika kamu sakit berapa banyak waktu berharga yang terlewatkan begitu saja? Selain itu, berapa banyak juga uang yang harus kamu keluarkan guna mengobati sakit tersebut?

Berdasarkan itu, memiliki pengetahuan tentang cara menjaga kesehatan wajib hukumnya bagi siapapun tanpa terkecuali.

Dasar dari cara menjaga kesehatan tubuh ialah menjalankan pola hidup sehat, mulai dari menjaga asupan makanan, pola tidur, dan olahraga.

Berbicara tentang cara menjaga kesehatan tubuh, tidak ada yang sulit sama sekali dalam melakukannya. Hanya saja, kamu perlu konsistem dalam menjalankannya.

Tentunya kita mengingat sebuah jargon  ‘sedia payung sebelum hujan’. Melalui jargon tersebut, kita dapat memahami bahwa menjalankan pola hidup sehat dengan tujuan menjaga kesehatan tubuh merupakan bentuk implementasi yang konkrit dari jargon tersebut. Sebab, pola hidup sehat yang dijalankan akan menjadi payung bagi kita agar terhindari dari berbagai penyakit.

13 Cara Menajaga Kesehatan Tubuh

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh
(Foto: Pixabay)

Sehat itu mahal, namun menjaga kesehatan tubuh tidak selamanya mahal. Penasaran apa saja cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh? Simak 13 caranya berikut ini.

1. Konsumsi Makanan yang Bergizi

Untuk menjaga kesehatan tubuh agar kesehatan tetap terjaga, pastikan kamu selalu menerima asupan nurtrisi yang seimbang.

Untuk sumber protein kamu dapat mengonsumsi daging, susu, telur, atau ikan. Kemudian untuk sumber karbohidrat sebagai sumber energi kamu dapat mengonsumsi nasi, kentang, oat, atau roti gandum.

Lengkapi juga asupan nutrisimu dengan mengonsumsi buah dan sayuir yang mengandung banyak serat prebiotik, vitamin, mineral serta berbagai antioksidan.

2. Makan Sayuran Hijau

Sayuran hijau dan berdaun merupakan jenis makanan kaya akan vitamin yang berguna untuk membantu kamu menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

3. Konsumsi Vitamin D

Vitamin D merupakan salah satu asupan penting bagi tubuh. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan beberapa gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Adapun untuk sumber vitamin D, kamu dapat mengonsumsi kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi.

Selain itu, kamu juga dapat membeli suplemen vitamin D untuk kamu konsumsi secara teratur. Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau merupakan rempah yang kaya akan khasiat dan tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Teh hijau sendiri sering dikaitkan dengan kesehatan yang baik.

Salah satu kandungan yang ada dalam teh hijau ialah memiliki antioksidan tinggi yang disebut flavonoid. Manfaatnya ialah dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Minuman segar kekinian seperti boba atau aneka minuman kopi selalu membuat kita tergoda. Namun, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut dan perhatikan asupan air putih.

Tercukupinya air dalam tubuh dapat mengoptimalkan fungsi organ tubuh kita. Dengan demikian, sesuaikan kebutuhan cairan tubuhmu dengan berat tubuh dan intensitas kegiatanmu. Jika kamu memiliki banyak aktivitas, maka kamu memerlukan asupan air putih lebih banyak.

6. Kurangi Asupan Gula

Makanan dan minuman manis tentunya sangat menggoda kita, namun siapa sangka gula yang terkadang dalam makanan dan minuman tersebut ternyata masuk ke dalam sumber penyakit yang tidak disadari.

Jika kamu mengonsumsi gula secara berlebihan, hal itu dapat memicu berbagai penyakit mulai dari obesitas, diabetes, gangguan fungsi ginjal, hati, hingga kesehatan mental.

Batasan konsumsi gula menurut Kementrian Kesehatan Ri ialah sebanyak 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan. Sedangkan, menurut American Heart Association batas konsumsi gula bagi laki-laki ialah 9 sendok teh atau 150 kalori perhari untuk laki-laki, kemudian 100 kalori untuk wanita.

7. Atur Jam Olahraga Secara Rutin

Selain menjaga pola konsumsi, kamu juga perlu rutin berolahraga agar tubuh tetap aktif, sehat dan bugar.

Seperti kita ketahui, olahraga juga dapat mencegah berbagai penyakit dan mengurangi stres. Luangkanlah waktu 20-10 menit per hari untuk olahraga dengan menggerakan tubuhmu. Tak perlu yang berat, kamu bisa hanya berjalan kaki atau pilih jenis olaharaga lainnya yang disukai.

8. Mulai Biasakan untuk Banyak Jalan Kaki

Jika kamu kesulitan untuk meluangkan waktu 20-30 menit per hari, kamu dapat menggerakan tubuh dengan membiasakan diri untuk berjalan kaki.

National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Disease mengungkapkan bahwa berjalan kaki sekitar 6 kilometer per jam dengan waktu tempuh selama 30 menit dapat mengurangi atau memperkecil risiko terkena diabetes tipe 2.

9. Jaga berat badan ideal

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Penyakit seperti darah tinggi, kolestrol, diabetes tipe 2, jantung, dan lain sebagainya rentan diderita orang yang kelebihan berat badan.

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal, kamu dapat berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, dan yang pasti menjaga asupan makanan.

10. Menjaga Kebersihan

Selanjutnya, untuk menjaga kesehatan tubuh kamu juga diharuskan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar. Dengan demikian, kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit.

11. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari terhadap kulit terlebih dalam jangka waktu yang panjang tak hanya menyebabkan kulit terbakar, akan tetapi dapat juga meningkatkan risiko penuaan dini dan kanker kulit.

Berdasarkan itu, saat kamu keluar ruangan kamu dapat menggunakan tabir surya agar kulit terlindungi dengan baik. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan pakaian berlengan panjang atau topi bertepi lebar untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

12. Cukupi Kebutuhan Tidur

Mencukupi kebutuhan tidur merupakan cara menjaga kesehatan yang sering dilupakan. Meski kelihatannya sepele, mencukupi kebutuhan tidur ternyata memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan.

Agar kesehatan tetap terjaga, mulailah untuk membangun kebiasaan tidur yang baik. Berilah batasan maksimal kapan kamu harus terjaga, contohnya jam 10 malam. Selain tidur cepat, kamu juga sebaiknya membiasakan untuk bangun lebih pagi sebelum matahari terbit sehingga sistem tubuh menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Jadwal Jam Kerja Organ Tubuh Manusia

13. Kelola Stres

Stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan pada saat kamu stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol dan adrenalin yang memica peningkatan detak jantung, pelebaran pembuluh darah di lengan dan kaki, kadar glukos darah meningkat, dan pernafasan menjadi lebih cepat.

Dengan demikian, kelolah stres dengan baik untuk menghindari dampak buruknya. Caranya kamu dapat menghindari lingkungan yang buruk, mengubah kebiasaan, dan menjadi pribadi yang disiplin serta tepat waktu.

Leave a Reply