You are currently viewing Cara Memberi Santunan Kepada Anak Yatim dan Dhuafa

Cara Memberi Santunan Kepada Anak Yatim dan Dhuafa

Cara memberi santunan yatim dan dhuafa yang paling mudah adalah memberi kepada yang lebih dekat terlebih dahulu. Adapun, cara berikutnya ialah dengan menyalurkannya melalui lembaga pemberdayaan yatim agar sasarannya lebih tepat dan manfaatnya lebih luas.

Rahmatanlilalamin.or.id – Memberi santunan kepada anak yatim dan dhuafa merupakan salah satu bentuk atau cara memperlakukan anak yatim dengan baik. Hal ini sebagaimana diketahui bahwa seorang yatim adalah anak yang kehilangan sang ayah semenjak usia anak, ia berhak mendapat bantuan berupa makanan dan kebutuhan hidup lainnya.

Soal cita-cita dan harapan, seorang yatim juga pada dasarnya memiliki cita-cita dan harapan yang sama seperti anak lain pada umumnya yakni sukses di masa yang akan datang. Berdasarkan hal itu, kita dianjurkan untuk memberikan santunan terhadap mereka agar mereka bisa tumbuh bahagia dan sukses di masa yang akan datang.

 Memuliakan anak yatim dengan cara memperlakukannya dengan  baik merupakan salah satu perintah Nabi dalam sabdanya pada hadits riwayat Ahmad dan Abu Dawud berikut ini.

ياَ سَائِبُ انْظُرْ أَخْلاَقَكَ الَّتِيْ كُنْتَ تَصْنَعُهَا فِيْ الجْاَهِلِيَّةِ فَاجْعَلْهَا فِيْ اْلإِسْلاَمِ. أَقْرِ الضَّيْفَ و أَكْرِمِ الْيَتِيْمَ وَ أَحْسِنْ إِلَى جَارِكَ

“Wahai Saib, perhatikan lah akhlak yang biasa kamu lakukan ketika kamu masih dalam kejahiliyahan, maka laksanakan lah pula dalam keislaman. Jamulah tamu, muliakanlah anak yatim dan berbuat baiklah kamu pada tetanggamu.” (H.R Ahmad dan Abu Daud)

Cara Memberikan Santunan Kepada Yatim dan Dhuafa

Cara Sedekah Yatim

Berkaitan dengan kebermanfaatan dan asas tepat sasaran, berikut adalah beberapa cara memberikan santunan kepada yatim dan dhuafa yang dapat kamu lakukan.

1. Bantu mereka yang dekat dengan tempat tinggal

Langkah pertama untuk memberikan santunan kepada yatim adalah dengan memberikan bantuan kepada anak yang berada dekat dengan tempat tinggal. Lihatlah lingkungan di sekitar dan jika memungkinkan minta datanya ke pihak terkait (RT/RW) untuk mendata anak yatim.

Dengan car aini, kamu bisa memberikan santunan kepada yang lebih dekat dan juga bantuan yang kamu berikan lebih mudah disalurkan serta tepat sasaran.

2. Memberi santunan ke panti asuhan yatim

Selanjutnya, kamu juga bisa memberikan santunan anak yatim ke panti asuhan yang terdekat, cara dapat menjadikan rezeki yang kamu sisihkan manfaatnya semakin luas dan juga tepat sasaran. Dengan demikian, kamu akan merasakan  kebahagiaan terlebih saat melihat anak yatim senang dengan pemberianmu.

3. Mencari panti asuhan terpercaya

Selanjutnya, dalam memberikan santunan yatim kepada panti asuhan, pastikan panti asuhan tersebut adalah panti asuhan yang terpercaya. Hal ini perlu kamu lakukan sebagai bentuk hati-hati sehingga apa yang kamu berikan jauh lebih bermanfaat dan disalurkan dengan tepat.

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur merupakan lembaga sosial resmi berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM RI, no. AHU-410-AH.01.02 Th. 2008 yang bertekad untuk menciptakan masyarakat maju dan berbudaya sesuai dengan visinya.

Dalam proses mewujudkan visinya, yayasan terus berkhidmat untuk menangani anak yatim/piatu dan dhuafa dalam berbagai program mulai dari pendidikan, kesehatan, ekonomi, pertanian, peternakan, dan seni budaya melalui dana sosial yang dihimpun.

Saat ini, Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur telah membina kurang lebih 2.000 yatim dan dhuafa baik di dalam maupun di luar asrama yang tersebut di tiga cabang yakni Cabang Bogor, Cabang Bekasi, dan Cabang Karawang.

Cara Memberi Santunan Anak Yatim dan Dhuafa di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Selain berkunjung langsung ke lokasi panti asuhan dan kantor layanan kami, kamu juga dapat memberikan santunan anak yatim dan dhuafa melalui platform donasi online yang kami sediakan.

Melalui gadget yang berada di genggaman tanganmu, kamu dapat berdonasi secara online dengan menekan tombol di bawah ini.

Leave a Reply