You are currently viewing Doa Malam Lailatul Qadar

Doa Malam Lailatul Qadar

Rahmatanlilalamin.or.id, Doa Malam Lailatul Qadar – Pada sepertiga terakhir bulan Ramadhan, umat islam sangat menantikan kehadiran malam yang mulia yakni malam lailatul qadar, yang mana malam ini disebut lebih baik daripada seribu bulan. Berdasarkan hal itu, tidak sedikit umat islam yang menanti dengan sungguh-sungguh malam tersebut dengan cara menghidupkan malam-malam di sepertiga terakhir Ramadhan.

Berkaitan dengan kapan datangnya malam tersebut, tidak ada satupun yang mengetahui kapan waktu kedatangannya. Kepastian datangnya malam yang mulia ini menjadi salah satu yang dirahasiakan Allah.

Namun demikian, ada beberapa dalil yang kuat menyebutkan bahwa malam lailatul qadar datang pada sepuluh hari terakhir Ramadhan dan pada malam-malam ganjil di sepuluh hari tersebut.

Doa Malam Lailatul Qadar

Terdapat doa khusus yang dapat dilantunkan untuk menyambut malam lailatul qadar yakni malam penuh kemuliaan yang lebih baik daripada seribu bulan.

Doa tersebut dapat dilantunkan pada malam-malam di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Rasulullah telah mencontohkan doa khusus tersebut dalam sebuah hadits dari Aisyah RA sebagai berikut.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ  قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

“Dari ‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha-, ia berkata, “Aku pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa do’a yang mesti kuucapkan?” Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Berdo’alah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu’anni (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Baca Juga: Waktu dan Tanda Malam Lailatul Qadar

Berdasarkan hadits diatas, doa lailatul qadar yang dapat dilantunkan oleh setiap muslim adalah sebagai berikut.

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Dikarenakan kedatangan malam lailatul qadar merupakan salah satu rahasia Allah, doa diatas sangat baik dibaca pada malam-malam di bulan Ramadhan terutama pada malam-malam di sepuluh hari terakhir Ramadhan.

Selain membaca doa diatas, untuk menyambut malam lailatul qadar seorang muslim dapat memperbanyak ibadah pada sepuluh malam terakhir Ramadhan mulai dari tilawah, dzikir, shalat malam, dan aktivitas lainnya yang dapat mendekatkan diri kepada Allah.

Leave a Reply