You are currently viewing Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta dari Anak Saleh

Doa untuk Kedua Orang Tua Tercinta dari Anak Saleh

Doa untuk Kedua Orang Tua – Orang tua memiliki peran penting dalam tumbuh kembang seorang anak. Dari mulai merawat sejak lahir hingga mendidiknya sehingga menjadi anak yang saleh dan bermanfaat bagi orang lain. Orang tua juga berperan dalam membentuk sifat dan karakter seorang anak sampai benar-benar siap untuk terjun dalam ruang lingkup masyarakat.

Seorang anak diwajibkan untuk berbakti kepada kedua orang tuanya terlebih kepada seorang ibu. Berbakti pada keduanya bisa dilakukan dalam bentuk apapun. Tentunya bakti tersebut bisa dilakukan saat keduanya masih hidup ataupun ketika sudah meninggal. Diantara bakti yang bisa dilakukan seorang anak kepada orang tuanya ialah dengan menjadi anak saleh yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.

Doa untuk Kedua Orang Tua
Doa untuk kedua orang tua.

Anak yang saleh dan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya merupakan salah satu amalan yang tidak akan pernah putus ketika seseorang meninggal.

Rasulullah SAW bersabda ”Apabila ‘anak Adam itu mati, maka terputuslah amalnya, kecuali (amal) dari tiga ini: sedekah yang berlaku terus menerus, pengetahuan yang d manfaatkan, dan anak sholeh yang mendoakan dia.” (HR Muslim)

Anak yang saleh dalam islam bukanlah anak yang berilmu tinggi, berkedudukan mentereng, ataupun bergelimang harta. Indikator saleh tidaknya seorang anak dapat dilihat dari seberapa sering ia mengerjaan kebaikan salah satunya memanjatkan doa untuk kedua orang tuanya.

Setiap anak selalu memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik untuk kedua orang tuanya. Begitupun dalam hal mendoakan, seorang anak pasti akan selalu mendoakan yang terbaik untuk kedua orang tuanya. Dalam mendoakan kedua orang tua, terdapat suatu doa yang mudah untuk diingat saat hendak mendoakan kedua orang tua. Doa tersebut berbunyi :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

Allahummaghfirli wali walidayya warhamhuma kamaa Rabbayaniy shaghira,”.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan ampunilah kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku di waktu kecil,”.

Sahabat, mendoakan kedua orang tua merupakan salah satu bukti kecintaan kita terhadap keduanya. Tidak ada lagi bukti cinta yang tulus bagi keduanya kecuali doa yang tulus untuk keduanya. Meskipun jarang terlihat ataupun tidak ada yang mengetahuinya, percayalah doa kita kepada orang tua adalah perkara yang dapat mengangkat derajat kedua orang tua kita di surga kelak.

Baca Juga : 4 Penyesalan Orang yang Sudah Meninggal dalam Al-Quran

Sebagai manusia biasa, kedua orang tua kita pun tidak pernah luput dari dosa dan kesalahan. Sehingga hanya melalui doa anak-anak saleh yang tuluslah, segala amal perbuatan orang tua semoga diridhai dan diampuni oleh Allah SWT. Dan harapannya, dengan membaca doa yang kita panjatkan Allah dapat mencurahkan kasih dan karunia-Nya kepada orang tua kita.

Yuk jangan lupa untuk buktikan bakti dan cinta kita kepada kedua orang tua dengan memanjatkan doa untuk kedua orang tua kita. Semoga doa yang kita panjatkan menjadi amal jariah yang pahalanya terus mengalir untuk keduanya. Aamiin

Leave a Reply