You are currently viewing Empat Amalan Ringan Abu Bakar Ini Berpahala Surga, Apa Saja?
Empat Amalan Ringan Abu Bakar Ash-Shidiq. (Foto: Umroh.com)

Empat Amalan Ringan Abu Bakar Ini Berpahala Surga, Apa Saja?

Empat Amalan Ringan Abu Bakar – Abu Bakar merupakan sahabat Nabi yang memiliki nama Asli Abdullah bin Utsman atau Abu Quhafah. Ia merupakan salah satu sahabat Nabi yang termasuk ke dalam golongan Assabiqunal Awwalun.

Abu Bakar juga merupakan sosok yang memiliki kepribadian lembut, selain itu Abu Bakar juga merupakan orang yang paling rajin bersedekah dan mengerjakan kebajikan. Abu Bakar juga termasuk ke dalam salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga. Ada empat amalan ringan Abu Bakar yang senantiasa dirutinkannya bahkan dilakukan di pagi hari.

Empat amalan ringan yang senantiasa dikerjakan oleh Abu Bakar tersebut dalam sebuah riwayat akan memiliki ganjaran pahala yang istimewa yakni Surga.

Rasulullah bertanya kepada para sahabatnya, Rasulullah SAW bertanya, “Siapa di antara kamu yang berpuasa hari ini?”

“Aku,” jawab Abu Bakar.

Rasulullah SAW bertanya lagi, “Siapa di antara kalian yang telah mengikuti pemakaman hari ini?”

Abu Bakar RA menjawab lagi, “Aku.”

Lagi, Rasulullah bertanya, “Siapa di antara kalian yang memberi makan orang miskin hari ini?”

Lagi dan lagi, Abu Bakar menjawab, “Aku.”

Rasulullah SAW kembali bertanya, “Siapakah di antara kalian yang menjenguk orang sakit hari ini?”

Dan untuk terakhir kali pula Abu Bakar menjawab, “Aku.”

Kemudian Rasulullah SAW berkata, “Jika terkumpul seluruh amalan pada seseorang (seperti ini), niscaya ia akan masuk surga.”

Empat Amalan Ringan Abu Bakar Ash-Shidiq
Menjenguk orang sakit merupakan salah satu amalan ringan yang bisa dikerjakan. (Foto: Inews)

Sahabat, setiap mukmin tentu mengharapkan keridhoan dan surga-Nya Allah Ta’ala. Adapun jalan yang bisa ditempuh oleh kita ialah mendekatkan diri kepada Allah dengan senantiasa mengerjakan setiap perintah-Nya dan menjauhi berbagai larangan-Nya. Untuk mendekatkan diri kepada Allah, sahabat bisa mengerjakan beberapa amalan yang senantiasa dikerjakan oleh Abu Bakar sebagai berikut ini.

1. Puasa

Puasa merupakan salah satu amal terbaik yang bisa dikerjakan oleh seorang mukmin. Banyak hikmah dan pelajaran di balik anjuran puasa bagi seorang mukmin.

Puasa terbagi ke dalam dua jenis yakni puasa sunah dan puasa wajib. Adapun puasa yang bisa dirutinkan ialah puasa sunah seperti puasa Senin dan Kamis, puasa ayyamul bidh, dan beberapa puasa sunah lainnya.

2. Menjenguk kerabat yang sakit

Menjenguk kerabat atau saudara yang sedang sakit memiliki nilai tersendiri. Kehadiran kita sebagai orang yang menjenguk tentu akan menjadi motivasi dan semangat baginya untuk sembuh kembali meski kita datang tanpa membawa apapun.

3. Bertakziah

Takziah merupakan amalan ringan yang bisa dilakukan saat ada kerabat atau saudara kita yang dirundung musibah kematian salah satu anggota keluarganya. Sama seperti halnya menjenguk orang sakit, bertakziah juga memiliki arti bagi keluarga yang ditiinggalkan.

4. Memberi makan orang miskin

Memberi makan orang miskin dengan sedekah merupakan salah satu amal ringan yang bisa kerjakan. Dengan memberi sedikit makanan yang kita punya pada kerabat atau saudara kita yang sedang kelaparan selain memiliki nilai pahala disisi-Nya juga dapat menguatkan tali persaudaraan.

Leave a Reply