You are currently viewing Empat Tips Hindari Boros Saat Kamu Gajian

Empat Tips Hindari Boros Saat Kamu Gajian

Tips Hindari Boros Saat Kamu Gajian – Saat kamu gajian, apa saja rencana keuanganmu selama satu bulan kedepan?

Memiliki penghasilan merupakan nikmat yang perlu disyukuri, adapun salah satu caranya ialah dengan memanfaatkan sebaik-baiknya. Saat kamu gajian, pasti kamu telah memiliki rencana-rencana keuangan untuk satu bulan.

Mulai dari baya cicilan, tabungan, beli kebutuhan, dan rencana lainnya. Apapun itu rencana keuanganmu, perlu diingat saat kamu gajian untuk tidak berperilaku boros atas apa yang kamu terima.

Hal itu dikarenakan boros adalah salah satu sifat yang salah dalam mengelola keuangan. Adapun sifat boros ini bisa saja datang setiap orang menerima penghasilan dan dengan sifat ini juga terkadang membuat kita berpersepsi bahwa semua yang kita beli adalah kebutuhan.

tips hindari boros saat kamu gajian
Sifat boros merupakan cara yang salah dalam mengelola keuangan. (Foto : Pixabay)

Sifat boros tentunya bukanlah sesuatu yang baik, ia harus dihindari karena merupakan perbuatan yang senantiasa dilakukan oleh syaitan. Allah Swt berfirman:

“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27).

Boros merupakan salah satu sifat berlebih-lebihan dan menjadi salah satu faktor tumbuhnya perilaku konsumtif yang jelas sangat merugikan. Agar terhindari dari sifat ini, yuk lakukan empat tips hindari boros saat kamu gajian berikut ini.

1. Berinvestasi

Investasi menjadi salah satu rencana keuangan yang bisa kamu lakukan saat gajian guna terhindari dari sifat boros. Investasi sendiri merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan.

Selain itu, investasi juga merupakan sebuah langkah awal untuk membangun perekonomian, baik untuk diri sendiri maupun dalam ruang lingkup negara. Banyak sekali manfaat dari investasi yang bisa didapatkan antara lain, membangun kehidupan masa depan, memiliki penghasilan tetap, memperkecil resiko terjerat hutang, dan membangun kebahagiaan hidup keluarga.

tips hindari boros saat kamu gajian
Sisihkan sebagian penghasilanmu untuk berinvestasi. (Foto: Pixabay)

2. Menabung

Bagi yang masih dalam usia produktif, jangan lupa sisihkan uang untuk menabung saat kamu gajian. Tentunya kita semua mengetahui sebuah slogan yang menyatakan bahwa menabung adalah pangkal kaya.

Hal tersebut memang benar adanya, sebab menabung menjadi salah satu cara untuk menjamin kehidupan di masa tua atau pensiun agar tetap memiliki uang yang cukup. Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda :

“Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (H.R Bukhari)

3. Belanja sesuai kebutuhan

Buatlah catatan atau list barang yang kamu butuhkan di bulan ini, hal ini dilakukan agar belanja yang dilakukan tetap sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa menyusun skala prioritas antara keinginan dan kebutuhan, tentunya kebutuhan tetap harus diutamakan dibandingkan keinginan.

Baca Juga : Lakukan Enam Hal Ini untuk Lakukan Evaluasi Akhir Tahun

4. Jangan lupa bersedekah

Ada hak orang lain yang harus kamu keluarkan saat kamu gajian, baik dalam bentuk sedekah ataupun zakat. Untuk zakat sendiri ia dikeluarkan jumlah gaji yang kamu terima telah mencapai nisab zakat, jumlah yang harus dikeluarkan ialah 2.5% dari total gajimu salama satu tahun.

Sedekah ataupun zakat menjadi salah satu cara untuk berbagi kebahagiaan saat kamu gajian. Dengan menunaikan zakat atau sedekah, selain menebar manfaat pada orang lain juga dapat membersihkan dirimu dari sifat boros yang merugikan.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply