You are currently viewing Ibadah Terbaik di Hari Raya Idul Adha, Ini Cara Meraihnya

Ibadah Terbaik di Hari Raya Idul Adha, Ini Cara Meraihnya

Ibadah Terbaik Idul Adha – Selain hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha juga merupakan momen yang sangat ditunggu oleh umat muslim. Sebab pada hari raya Idul Adha tepatnya bulan Dzulhijjah ada dua peristiwa atau ibadah yang sangat penting yakni ibadah haji dan ibadah qurban. Bagi umat islam yang belum mendapatkan kesempatan menunaikan ibadah haji, hari raya Idul Adha adalah kesempatan untuk meraih ibadah terbaik dengan cara menyembelih hewan qurban.

Secara bahasa qurban berasal dari bahasa Arab. “qariba-yaqrabu-qurban wa qurbana wa qirbana” yang memiliki arti dekat atau mendekatkan. Sehingga penyembelihan hewan qurban dapat dipahami sebagai bentuk ibadah yang ditujukan untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT agar mendapatkan keridhaan-Nya.

Ibadah Terbaik Idul Adha | Qurban 2021
Qurban di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Berdasarkan keterangan beberapa hadits Nabi SAW, qurban termasuk kedalam amal yang paling dicintai oleh Allah di hari raya dan pahalanya lebih cepat.

“Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari Nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan kurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala kurban itu di sisi Allah SWT lebih dahulu dari pada darah yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah. Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Ibadah Qurban yang diselenggarakan pada hari raya Idul Adha juga memiliki dampak yang baik di dalam ranah sosial. Dimana ibadah ini juga memiliki tujuan untuk menggembirakan kaum fakir pada hari raya Idul Adha dengan adanya pembagian daging qurban. Sehingga pada saat pembagian daging qurban dianjurkan untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Namun, dibolehkan juga menyisakan secukupnya untuk dikonsumsi keluarga yang berqurban.

Terkait pemilihan hewan, para ulama sepakat semua binatang ternak boloeh dijadikan untuk berqurban. Hanya saja terdapat perbedaan pendapat mengenai mana hewan ternak yang lebih utama dair jenis-jenis hewan yang lainnya.

Imam Syafi’i berpendapat dua hewan yang paling utama dijadikan qurban adalh unta dan sapi, lalu kambing. Sedangkan Imam Malik berpendapat bahwa hewan yang paling utama untuk dijadikan qurban adalah kambing atau domba, kemudian sapi.

Tips Memilih Hewan Qurban terbaik

Ibadah Terbaik Idul Adha | Qurban 2021
Qurban Bersama Yatim dan Dhuafa di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur

Tidak semua hewan ternak dapat disembelih sebagai hewan qurban. Artinya dalam memilih hewan qurban terbaik di hari raya Idul Adha, sahabat harus memastikan bahwa hewan qurban yang anda pilih adalah hewan terbaik dan memenuhi syarat. Berikut adalah tips memilih hewan qurban terbaik.

Baca Juga : Keutamaan Berqurban

1. Perhatikan Usia Hewan

hewan qurban yang baik adalah hewan yang cukup usia untuk dijadikan sebagai hewan qurban. Dalam hal ini sahabat harus memastikan usia hewan yang anda pilih telah mencapai usia minimal hewan qurban.

Al-Jadza’u (Domba yang berumur 6 bulan-1 tahun), dan Al-Ma’iz (Kambing jawa yang berumur 1-2 tahun), dan Al-Ibil (Unta yang berumur 5-6 tahun), dan Al-Baqar (Sapi yang berumur 2-3 tahun).

2. Pastikan Hewan Tidak Memiliki Cacat

Pastikan hewan qurban yang akan dibeli merupakan hewan sempurna dan tak memiliki cacat. terdapat beberapa cacat hewan yang membuat ibadah qurban menajdi tidak sah yakni buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya. Sakit, pincang, dan sangat kurus sehingga hewan tidak memiliki sumsum tulang. Adapun jika qurban tidak sah, maka status penyembelihan hewan adalah penyembelihan biasa bukan penyembelihan qurban.

3. Memiliki nafsu makan yang baik

Kesehatan dari hewan qurban juga perlu diperhatikan, pastikan hewan qurban memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata  bersinar dan bulu tidak kusam. Lebih baik lagi jika hewan yang akan dibeli memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan untuk kesehatan hewan tersebut.

Yuk jadikan hari raya Idul Adhamu lebih berkah dengan menunaikan qurban terbaik dihari itu. Sahabat bisa menunaikan qurban terbaiknya bersama anak yatim dan dhuafa’ di Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur. Klik link berikut untuk menunaikan qurban terbaikmu.

http://indonesiaberbagi.id/program/kurban

Leave a Reply