You are currently viewing Mood Kerja Hilang? Lakukan Lima Hal Sederhana Ini Untuk Mengembalikan Mood Kerjamu

Mood Kerja Hilang? Lakukan Lima Hal Sederhana Ini Untuk Mengembalikan Mood Kerjamu

Cara Mengembalikan Mood Kerja – Setiap orang memiliki kebutuhan hidup sehari-hari yang harus dipenuhi. Untuk itu setiap orang memiliki kewajiban untuk ikhtiar dengan cara bekerja. Dalam bekerja, setiap orang memiliki pilihannya masing-masing, biasanya sesuai dengan skill ataupun jenjang pendidikannya.

Tak hanya memerlukan skill dan kemampuan, bekerja juga memerlukan mood yang baik agar bisa mengerjakan tugas dengan baik dan mencapai target yang telah ditetapkan. Sahabat mungkin pernah mengalami hilangnya semangat dalam bekerja ataupun pernah melihat teman kerja yang tidak semangat, melamun dan bahkan bicara sendiri di dalam ruangan kerja.

Cara Mengembalikan Mood Kerja

Salah satu faktor yang mengakibatkan hilangnya mood kerja ialah suasana hati yang sedang buruk. Suasana hati yang buruk tentunya sangat berbahaya jika dialami, karena bisa mempengaruhi kinerja dan kualitas kerja siapapun.

Hilangnya mood atau semangat kerja bisa dialami oleh siapapun, bahkan mungkin sahabat juga pernah mengalaminya. Lalu bagaimana cara meningkatkan mood kerja saat kondisi hati sedang tidak baik? Tentunya itu tidak sulit dan bisa diatasi dengan melakukan hal-hal sederhana yang kamu sukai. Pada intinya semalas atau seburuk apapun kondisi hati kita, sahabat harus tetap menunjukan sikap profesional dengan cara menyelesaikan tugas dengan baik.

Berikut adalah cara sederhana yang dapat sahabat lakukan untuk mengembalikan mood kerja anda.

1. Minum Kafein

Cara Mengembalikan Mood Kerja

Jika sahabat penggemar kopi, maka minumlah segelas kopi untuk meningkatkan semangat kerja. Adapun bagi sahabat yang tidak menyukai atau alergi dengan kopi bisa menggantikannya dengan teh ataupun cokelat. Nikmatilah waktu saat meminum minuman pilihanmu. Artinya, sahabat harus fokus dan benar-benar menikmati setiap tetes minuman yang anda cicipi, jangan melakukan hal apapun untuk sejenak sampai mood sahabat kembali.

2. Berjalan Sejenak dalam Ruangan

Rasa nyaman patut diakui dapat meningkatkan mood kerja siapapun. Adapun dalam menciptakannya sahabat bisa berjalan-jalan sejenak di sekitar ruangan atau memanfaatkan waktu istirahat untuk menikmati tanaman dan pemandangan yang lainnya.

Selain itu, sahabat juga dapat berjalan menuju meja teman atau mengobrol selama 5-10 menit. Tentu waktu itu jika dinikmati sangat mendukung sahabat untuk mengembalikan mood kerja. Dalam hal ini, sahabat harus memastikan bahwa kehadiranmu tidak mengganggu kerja dari temanmu dan dia tidak sedang sibuk.

3. Coba Hibur Diri dengan Mendengar Musik

Cara Mengembalikan Mood Kerja

Trik lazim yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan mendengarkan musik yang disukai. Musik disini dapat membuat pikiran sahabat menjadi lebih tenang dan rileks, terlebih musik tersebut memiliki nada yang rendah dan lembut sehingga dapat menenangkan hati serta mengembalikan mood kerja yang sebelumnya hilang.

4. Melatih Pernapasan

Melatih pernapasan disaat situasi penuh tekanan, marah, lelah, hingga kehilangan fokus menjadi hal sederhana yang bisa dilakukan. Hal itu dikarenakan mengatur pernapasan dengan kesadaran akan kondisi yang sedang dihadapi dapat membuat sahabat merasa memiliki kekuatan untuk mengubah suasana hati menjadi lebih baik.

Baca Juga : 8 Skill Pekerjaan yang Wajib Dimiliki Oleh Pekerja Modern

Cara sederhana yang dapat dilakukan dalam mengendalikan pernapasan ialah menghirup napas dengan cara menarik perut bagian bawah dan mengeluarkan napas melalui mulut secara perlahan. Lakukan cara ini selama beberapa menit hingga seluruh energi negatif di dalam diri hilang dan otak pun menjadi lebih rileks.

5. Mengingat Kembali Apa yang Diperjuangkan

Setiap orang yang bekerja tentunya memiliki alasan masing-masing, mulai dari untuk memenuhi kebutuhan keluarga ataupun menabung untuk kehidupan masa depan. Saat mood kerja hilang, sahabat bisa mengingat kembali tujuan awal sahabat bekerja, tentunya hal ini akan menyadarkan diri untuk kembali semangat dan mengalihkan fokus kita pada tujuan awal bekerja dibanding terus meratapi suasana hati yang kurang baik.

Meskipun terasa sulit, akan tetapi langkah ini jauh lebih baik daripada harus meratapi suasana hati yang kadang membuat kita overthinking dalam segala hal.

Leave a Reply