You are currently viewing 4 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

4 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Meskipun akan terasa pahit saat diseruput, minum kopi hitam tanpa gula memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Hal demikian terjadi ketika kamu mengonsumsinya dengan takaran yang pas dan tidak berlebihan.


Rahmatanlilalamin.or.id – Kopi merupakan salah satu minuman yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian masyarakat dunia, terlebih bagi mereka para pekerja dan terbiasa meminum kopi sebelum menjalankan aktivitas.

Kopi juga menjadi salah satu ladang bisnis yang cukup menjanjikan, mulai dari menjadi petani kopi hingga memulai bisnis coffee shop di berbagai tempat yang strategis. Hal ini terbukti dengan menjalarnya coffee shop di berbagai daerah dengan aneka ragam kekhasan yang dimilikinya.

Namun, tidak sedikit juga orang yang merasa khawatir dengan kebiasan meminum kopi. Hal itu dikarenakan banyaknya penelitian yang menyatakan bahwa kopi dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti menyebabkan susah tidur hingga serangan jantung.

Padahal, jika dikonsumsi dengan cara yang tepat kopi dapat menjadi minuman yang memiliki segudang manfaat. Adapun, salah satu cara minum kopi yang tepat ialah menyeduhnya tanpa campuran gula sebagai bagian dari hidup sehat.

Menambahkan gula ke dalam kopi dapat menyebabkan pergeseran kandungan nutrisi, terlebih jika kadar pemanis buatan yang dicampurkan melebihi ambang batas yang direkomendasikan.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), jumlah asupan gula tambahan yang aman adalah 9 sendok teh (36 gram atau setara 150 kalori) per hari bagi pria dan 6 sendok teh (25 gram atau setara 100 kalori) per hari bagi wanita.  Konsumsi gula berlebih akan meningkatkan risiko Anda terkena penyakit, seperti diabetes tipe 2.

Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Kopi hitam dikenal sebagai salah satu minuman yang dapat menaikan level energi sehingga dapat menghilangkan kantuk sekaligus membuat siapa saja yang mengonsumsinya semangat dalam beraktivitas.

Namun demikian, beberapa penelitian menunjukan bahwa kopi hitam memiliki manfaat yang lebih dari itu. Dikutip dari Kompas.com, berikut adalah manfaat minum kopi hitam tanpa gula bagi kesehatan.

1. Bantu Proses Pembakaran Lemak

Tidak sedikit orang yang mempercayai baha mengonsumsi kopi hitam tanpa gula dapat membantu proses pembakaran lemak sehingga cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang diet.

Hal demikian juga didukung oleh peneliian yang menyatakan bahwa metabolism tubuh seseorang memang meningkat 3-11 persen setelah menyeruput kopi.

Namun, efek tersebut akan berkurang dalam jangka panjang, artinya metabolism pada tubuh akan sama beradaptasi seiring dengan seringnya mengonsumsi minuman jenis kopi.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Konsumsi kopi hitam tanpa gula secara teratur dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe dua. Kisaran penurunan tersebut tak tanggung-tanggung yakni bisa mencapai 23-50% bahkan dalam salah satu studi sampai 67%.

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Alzheimer merupakan salah satu penyakit neurogeneratif yang paling sering mengakibatkan demensia, yaitu penyakit yang biasanya menyerang orang lanjut usia (berumur di atas 65 tahun) dan hingga kini belum ditemukan obatnya.

Nah, dalam hal ini mengonsumsi kopi hitam tanpa campuran gula dapat menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer. Berdasarkan data studi disebutkan bahwa peminum kopi hitam memiliki risiko 65 persen lebih rendah untuk mengalami Alzheimer.

Meski demikian, untuk mencegah Alzheimer kamu juga dapat menerapkan pola hidup seha secara menyeluruh terutama dengan menjaga pola makan sehat dan olahraga secara teratur.

Baca Juga: Cara Mengindari Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

4. Bantu Sehatkan Organ Hati

Rutin meminum kopi hitam tanpa gula dapat menuruykan risiko terkena penyakit hati yang berujung sirosis. Penelitian menyebut orang yang rutin minum kopi hitam setiap hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena sirosis hingga 65 persen.

Perlu diingat bahwa manfaat kopi hitam tanpa gula bukan dimaksudkan untuk menggantikan fungsi obat secara medis. Bila Anda memiliki masalah kesehatan di atas, periksakan diri ke dokter.

Leave a Reply