You are currently viewing Lakukan Lima Cara Ini untuk Menanamkan Jiwa Kepahlawanan pada Anak

Lakukan Lima Cara Ini untuk Menanamkan Jiwa Kepahlawanan pada Anak

Menanamkan Jiwa Kepahlawanan Pada Anak – Sahabat, Hari Pahlawan Nasional yang kita peringati beberapa hari yang lalu memberikan banyak pelajaran bagi kita. Salah satu pelajaran yang paling penting dalam peringatan Hari Pahlawan Nasional ialah jiwa kepahlawanan harus kita tanamkan dalam diri kita. Peringatan hari pahlawan telah berakhir, namun semangat kepahlawanan dalam diri kita jangan sampai berakhir.

Penanaman jiwa kepahlawanan sangat penting bagi generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Penanaman jiwa pahlawan ini memiliki peran untuk menumbuhkan sikap patriotism generasi muda di era modern. Semangat patriotisme saat ini wajib ditanam bukanlah untuk melawan penjajah melainkan untuk menumbuhkan semangat dalam bersaing secara global dalam segala aspek.

Menanamkan jiwa kepahlawanan pada anak
Menanamkan jiwa kepahlawanan pada anak.

Tak hanya bagi generasi muda, penanaman jiwa kepahlawanan juga sebaiknya dilakukan sejak dini kepada anak-anak sejak dini. Penanaman jiwa kepahlawanan pada anak tentunya tidak harus melalui kursus atau pelatihan yang menguras tenaga, namun bisa juga dilakukan melalui pendekatan secara emosional dari orang tua kepada anak.

Orang tua disini tentunya harus menjadi pemeran utama dalam menanamkan serta menumbuhkan jiwa kepahlawanan pada anak. Setidaknya ada beberapa sikap yang dapat orang tua tumbuhkan dalam diri anak sebagai upaya menumbuhkan jiwa kepahlawanannya sebagai berikut.

1. Menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama

Sikap peduli terhadap sesama merupakan sikap yang pasti dimiliki oleh seorang pahlawan. Sikap peduli mendorong seseorang untuk ringan tangan dan ikhlas dalam membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Di masa kini, sikap peduli, empati, dan toleransi sangat sulit ditemukan di masyarakat sehingga menjadi tugas utama orang tua dalam menumbuhkannya dalam diri anak.

Mengenalkan sikap peduli terhadap sesama pada anak bisa dimulai dengan memberi contoh sederhana mulai dari rumah. Misalkan seorang ayah membantu ibu memasak dan mencuci pakaian, menenangkan adik yang menangis, ataupun membantu orang lain yang berada di sekitar rumah.

Penanaman sikap peduli pada anak dapat menebalkan rasa empati dan suka menolong pada anak sejak dini. Hingga pada akhirnya, saat anak terjun dalam lingkungan masyarakat ia menjadi anak yang peduli dan empati terhadap sesama.

2. Pembiasaan berbagi

Menanamkan jiwa kepahlawanan pada anak
Pembiasaan berbagi pada anak.

Saat anak telah memiliki sikap peduli terhadap sesama, maka akan lebih mudah untuk menanamkan sikap suka berbagi bagi yang membutuhkan. Hal itu dikarenakan sikap empati akan mendorong anak untuk berbagi terhadap sesama.

Orang tua dalam hal ini perlu juga untuk mencontohkan anak agar terbiasa untuk berbagi terhadap sesama. Misalkan dengan mengajak anak untuk berkunjung pada sebuah panti dalam agenda berbagi makanan ataupun keperluan lainnya. Dengan pembiasaan tersebut, anak akan menjadi peka untuk berbagi terhadap sesama.

3. Mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan pada anak

Anak perlu dikenalkan dengan tokoh-tokoh pahlawan, jika memungkin ia juga bisa diajakan untuk menemui pelaku sejarah yang masih bisa ditemui. Mengenalkan tokoh-tokoh pahlawan pada anak bisa orang tua lakukan dengan cara berkisah ataupun membelikan anak buku-buku yang isinya biograpi tokoh-tokoh pahlawan.

Selanjutnya, orang tua juga dapat mengajak anak untuk berkunjung ke museum tokoh-tokoh pahlawan. Dengan demikian, anak bisa melihat secara langsung dan bahkan mengenali wajah para pahlawan yang telah berjuang hidup dan mati untuk kemerdakaan bangsanya.

4. Melatih keberanian anak

Keberanian adalah sikap yang pasti dimiliki oleh seorang pahlawan. Dalam menumbuhkan jiwa kepahlawanan pada anak, orang tua tentunya perlu mengajarkan sikap keberanian pada anak sejak dini. Salah satu hal sederhana yang bisa orang tua lakukan adalah memberikan anak kebebasan untuk memilih apa yang meraka sukai serta mendorong hobi positif yang dimilikinya.

Baca Juga : Makna Hari Pahlawan Bagi Generasi Muda

5. Mengajarkan sikap tanggung jawab

Menanamkan jiwa kepahlawanan pada anak
Pembiasaan tanggung jawab pada anak.

Seorang pahlawan ialah orang yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar untuk membela kebenaran dan bangsanya. Hal itu ditandai dengan setiap hal yang dilakukannya selalu berdasarkan rasa tanggung jawab yang besar.

Untuk menumbuhkan semangat kepahlawanan pada anak sehingga menjadi generasi yang unggul di masa yang akan datang, orang tua perlu mengajarkan anak tentang pentingnya tanggung jawab. Selalu gunakan cara sederhana dan bermakna dalam memberikan contoh pada anak, misalkan dengan memberinya tanggung jawab untuk merapihkan tempat tidurnya setiap hari.

Leave a Reply