You are currently viewing Mengapa Wakaf Termasuk Sedekah Jariyah? Begini Alasannya

Mengapa Wakaf Termasuk Sedekah Jariyah? Begini Alasannya

Sahabat, mungkin kita sering mendengar bahwa wakaf termasuk ke dalam sedekah jariyah. Lalu apa sih pengertian sedekah jariyah itu? dan mengapa wakaf termasuk sedekah jariyah? dan Yuk simak alasan mengapa wakaf disebutkan sebagai sedekah jariyah.

Wakaf merupakan salah satu intrumen perberdayaan ekonomi umat dalam islam. Wakaf memiliki nilai dan kegunaan yang sangat penting dalam menunjang proses dakwah dan mewujudkan kesejahteraan umat.

Mengapa Wakaf Termasuk Sedekah Jariyah
Mengapa Wakaf Termasuk Sedekah Jariyah?

Ditinjau dari pengertiannya, wakaf merupakan suatu jenis pemberian yang dilakukan dengan cara menahan kepemilikan harta dan menjadikannya bermanfaat untuk kemaslahatan orang banyak. Adapun maksud menahan disini ialah menghindarkan barang atau harta tersebut agar tidak diwariskan, dijual, dihibahkan, digadaikan, disewakan, dan lain sebagainya.

Perbedaan wakaf dengan zakat, infaq, ataupun sedekah ialah harta wakaf nilai dan pokoknya harus tetap ada dan tidak boleh hilang. Karena nilai pokoknya tetap ada, harta atau aset wakaf tentu bisa memberikan manfaat ataupun pemasukan bersifat terus menerus dan tiada henti.

Para ulama menyebutkan bahwa wakaf termasuk sedekah jariyah, siapapun yang mengamalkannya akan mendapat pahala abadi hingga kelak di akhirat nanti. Sedekah jariyah adalah sedekah yang tidak akan pernah putus pahalanya. Rasulullah SAW bersabda : “Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara) : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.” (HR Muslim).

Nilai pokok dari harta yang diwakafkan tidak boleh hilang dan tidak boleh dijual sehingga aset atau harta wakaf akan terus ada selama-lamanya. Selanjutnya, harta wakaf juga bisa terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi penerima manfaatnya serta mengalirkan pahala kebaikan bagi yang melakukannya sehingga disebutlah wakaf sebagai sedekah jariyah.

Dalam pengelolaan harta wakaf, diperlukan orang yang benar-benar ahli alam mengelola serta merawat aset tersebut agar selalu ada dan tetap memiliki nilai manfaat.

Baca Juga : Amalan yang Membuat Hati Tenang

Mengapa Wakaf Termasuk Sedekah Jariyah
Lahan Wakaf Pertanian Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Cabang Karawang.

Wakaf Ibadah yang Istimewa

Sebagai salah satu bentuk dari amal jariyah, wakaf menjadi ibadah yang istimewa bagi seorang muslim. Hal itu dikarenakan pahala dari harta yang diwakafkan akan terus mengalir tanpa henti.

Dari aspek kebermanfaatannya, wakaf tak hanya bermanfaat bagi individu yang berwakaf melainkan dapat bermanfaat untuk perberdayaan dan kemaslahatan umat baik dalam aspek keagamaan, sosial, ekonomi, dan lain sebagainya. Sedekah jariyah ini akan terus mengalirkan butir-butir kebaikan secara terus menerus beriringan dengan pahala yang terus mengalir tanpa henti.

Hal inilah yang menjadikan wakaf sebagai amalan patut dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari. Wakaf tentunya akan ringan dan tidak akan terasa berat jika diiringi semangat berlomba-lomba dalam kebaikan,keikhlasan, dan semangat kebersamaan. Terlebih saat ini ada program wakaf rombongan yang bisa diikuti oleh siapa saja sesuai dengan kemampuan finansial yang dimilikinya.

Sahabat, yuk simak program wakaf Yayasan Rahmatan Lil-Alamin Jakarta Timur dengan mengakses tautan berikut ini.

https://indonesiaberbagi.id/program/wakaf/

Leave a Reply