You are currently viewing Mengenal Coronasomnia, Gangguan Tidur Saat Pandemi

Mengenal Coronasomnia, Gangguan Tidur Saat Pandemi

Mengenal Coronasomnia – Apakah kamu pernah mengalami gangguan tidur saat pandemi Covid-19? Jika kamu mengalami hal demikian, bisa jadi kamu sedang mengalami coronasomnia. Coronasomnia sendiri banyak dialami oleh masyarakat karena kondisi pandemi yang merubah segala kebiasaan yang biasa mereka jalani.

Coronasomnia adalah kondisi sulit tidur akibat stress yang memiliki kaitan dengan pandemic Covid-19. Terkadang disatu kondisi kita berhasil tidur, akan tetapi mimpi yang kita alamipun sangat melelahkan hingga ujungnya menambah stres. Mengenal coronasomnia atau gangguan tidur saat pandemi menjadi penting agar saat mengalami gangguan tersebut kita mampu mengatasinya dengan tepat.

Mengenal Coronasomnia Gangguan Tidur Saat Pandemi

Coronasomnia atau gangguan tidur saat pandemi ini berbeda dengan gangguan tidur pada umumnya. Sebab, yang menjadi bahan pikiran seseorang bukan hanyalah pandemi saja melainlan beberapa hal yang berubah dikarenakan pandemi. Seperti halnya kesepian karena kehidupan sosial dibatasi, masalah ekonomi yang cukup mengkhawatirkan, sampai perubahan pola pergaulan dengan teman, saudara dan lain sebagainya.

Kita semua melihat dan bahkan merasakan bahwa kondisi pandemi telah mengganggu aktivitas normal setiap manusia dan memberikan banyak dampak terhadap dirinya. Terlebih pandemi yang tak kunjung berakhir juga membuat sebagian orang mulai merasa lelah karena harus terkurung di rumah karena isolasi mandiri ataupun pembatasan sosial.

Sebagian ada yang menyebutkan bahwa coronasomnia terjadi karena seseorang tidak mampu menerima segala hal yang menjadi dampak dari pandemi. Jika dibiarkan, coronasomnia dapat mengganggu kekebalan tubuh menurun karena kurang tidur serta perubahan mood dan emosi.

Lebih dari itu, kurang tidur kronis juga dapat membuat masalah metabolism dan kardiovaskuler semakin buruk, darah tinggi, diabetes dan kenaikan berat badan.

Tips Menghadapi Coronasomnia

Jika kamu mengalami coronasomnia atau gangguan tidur saat pandemi tetaplah tenang, sebab semua hal bisa diatasi dengan baik. Berikut adalah tips menghadapi coronasomnia.

1. Kurang menonton berita

Mencari berita dan informasi memang sangat baik untuk wawasan dan berguna juga untuk bagaimana kita menentukan langkah kedepannya. Akan tetapi, konsumsi berita berlebihan mengenai pandemi tidak selamanya berdampak baik bagi kesehatan diri kita. Hal itu bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya overthinking dan gangguan tidur. Untuk itu kurangilah menonton atau membaca berita, cukup jadikan chanel berita resmi dan terpercaya sebagai rujukan serta usahakan tidak membaca berita pada malam hari menjelang tidur.

Mengenal Coronasomnia Gangguan Tidur Saat Pandemi

2. Usahakan tetap memiliki jadwal

Kondisi pandemi telah mendorong perubahan dalam berbagai aspek ke arah yang lebih fleksibel dan cenderung dilakukan di rumah. Meskipun beberapa kegiatan mulai dari bekerja, belajar, belanja dan beberapa hal lainnya bisa dilakukan dari rumah, sebaiknya kita perlu mengupayakan agar tetap menetapkan waktu bangun dan tidur seperti biasa.

3. Berjemur di pagi hari

Mengurangi mobilitas dan tetap diam di rumah menjadi hal yang sangat perlu agar resiko terpapar Covid-19 rendah. Meskipun tetap di rumah, pastikan tubuh tetap mendapat paparan cahaya matahari yang cukup di pagi hari. Sebab, tidak mendapat paparan sinar matahari bisa berdampak negatif pada kebiasaan tidur kita.

4. Olahraga teratur

Olaharaga memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan tubuh, selain itu olahraga juga dapat menjadikan kualitas tidur lebih terjaga lagi.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Mental Saat Pandemi

5. Konsumsi makanan gizi seimbang dan hindari cafein

Makanan yang sehat dan mengandung gizi seimbang juga memiliki peran untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Untuk itu, agar terhindar dari gangguan tidur perhatikan juga asupan makanan kita, hindarilah minuman yang mengandung cafein terlebih ketika menjelang waktu tidur.

Mengenal Coronasomnia Gangguan Tidur Saat Pandemi

6. Meningkatkan ibadah

Pandemi ini mengajarkan kita untuk senantiasa memperbaiki hubungan kita terhadap Allah dengan cara meningkatkan ibadah baik secara kualitas maupun kuantitas. Perlu kita yakini bahwasannya wabah pandemi ini berada dalam kehendak-Nya dan akan hilang juga dengan kehendak-Nya. Agar tetap tenang dan nyaman, tingkatkanlah ibadah kita dan mohonlah pada-Nya agar dihindarkan dari berbagai penyakit, paparan covid-19 serta gangguan tidur yang dapat mengganggu kesehatan kita.

Leave a Reply