You are currently viewing Meningkatkan Kualitas Puasa di Era Digital

Meningkatkan Kualitas Puasa di Era Digital

Rahmatanlilalamin.or.id Rasa syukur semoga terus menjadi bagian yang ada dalam hati, ucapan, dan tindakan atas segala nikmat yang telah diberikan Allah kepada kita salah satunya nikmat disampaikan pada bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan yang hari ini hadir di tengah kemajuan digital menjadi nikmat tersendiri bagi kita semua saat ini. Pada bulan Ramadhan ini, semoga kita semua mampu meningkatkan kualitas puasa kita di era digital sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat bulan Ramadhan serta kemudahan yang hadir dengan adanya kemajuan digital.

Meningkatkan Ibadah Puasa di Era Digital
Meningkatkan Ibadah Puasa di Era Digital.

Ungkapn rasa syukur ini diharapkan dapat menguatkan ketakwaan kepada Allah dalam wujud menjalankan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Ketakwaan sendiri merupakan barometer dari kesuksesan kita dalam menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan seperti telah disebutkan dalam firman-Nya sebagai berikut.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183)

Dalam meraih predikat takwa, tentunya ada hal yang harus senantiasa kita prioritaskan yakni memaksimalkan kualitas dari puasa yang dilaksanakan. Artinya, saat berpuasa kita harus memiliki komitmen untuk tidak sekedar manahan haus dan lapar saja melainkan menjaga diir dari perubauatn yang dapat menghilangkan keutamaan dan pahala puasa.

Dalam kaitannya dengan era digital, ibadah puasa di bulan Ramadhan ini kita dihadapkan dengan derasnya informasi yang beredar ditengah masyarakat. Semua itu terjadi karena kemudahan yang dihadirkan oleh perkembangan teknologi yang pesat.

Kemudahan yang disuguhkan oleh teknologi tersebut kita ketahui memiliki dua sisi yakni sisi positif dan sisi negatif. Tentunya kita memahami bahwa sisi positif tersebut harus kita maksimalkan dan kemudian sisi negatif harus kita minimalisir.

Untuk memanfaatkan sisi positif dari perkembangan teknologi kita dapat memanfaatkannya sebagau wasilah untuk mempertebal keimanan serta meningkatkan ilmu dan pengetahuan tentang agama. Sebab, hari ini kita diberikan banyak kemudahan untuk mendapatkan mauidzah hasanah, ilmu agama, ataupun berbagai pengetahuan lainnya yang dapat kita aplikasikan melalui berbagai platform digital di internet.

Meningkatkan Ibadah Puasa di Era Digital
Donasi online merupakan salah satu kemudahan dalam berbagi dan peduli terhadap sesama.

Kemudahan mendapatkan berbagai ilmu dan pengetahuan tersebut diharapkan dapat memberi asupan rohani yang tepat sehingga mampu meningkatkan kualitas puasa yang kita laksanakan. Terisinya rohani dengan asupan yang positif dapat menghasilkan berbagai hal positif seperti meningkatnya semangat untuk menjalankan shalat berjama’ah, membaca Al-Quran, kepedulian terhadap sesama melalui zakat dan sedekah, serta ibadah lainnya yang dapat dikerjakan.

Disamping itu, kita juga dapat memanfaatkan kemajuan tersebut untuk berbagai hal yang bermanfaat lainnya seperti menebar kebaikan melalui berbagai platform media sosial, menunaikan sedekah melalui layanan donasi online, bersilaturahmi dan membentuk kominitas kebaikan, serta aktivitas ibadah lainnya.

Baca Juga: Hikmah di Balik Anjuran Makan Sahur

Namun demikian, dalam menggunakan platform digital kita juga perlu menghindari berbagai hal untuk tetap menjaga kualitas ibadah puasa yang kita laksanakan seperti menghindari berita hoax dan menyebarkannya, ghibah, namimah, dan perkara lainnya yang dapat mengurangi dan menghilangkan pala puasa.

Semoga, pada bulan Ramadhan ini, kita semua mampu meningkatkan kualitas ibadah puasa dengan berbagai kemudahan yang disuguhkan oleh kemajuan digital. Aamiin

Leave a Reply