You are currently viewing Rahasia Dibalik Shalat Dhuha, Waktu untuk Berdoa Memohon Rezeki

Rahasia Dibalik Shalat Dhuha, Waktu untuk Berdoa Memohon Rezeki

Rahasia Dibalik Shalat Dhuha – Shalat Dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang dilaksanakan di pagi hari. Shalat Dhuha merupakan aktivitas yang bisa dilakukan seorang Muslim untuk mengawali paginya sebelum memulai berbagai aktivitas sehari-harinya.

Banyak yang meyakini bahwa salah satu rahasia dibalik Shalat Dhuha adalah dapat melancarkan rezeki. Betulkah demikian?

Tidak ada yang salah jika ada yang memaknai Shalat Dhuha dapat menjadi pelancar rezeki bagi seorang hamba. Namun, sebaiknya Muslim yang melaksanakan Shalat Dhuha memiliki harapan yang lebih dari itu, yaitu meraih ridha dan ampunan-Nya agar Shalat Dhuha yang dilakukannya menjadi jalan untuk meraih surga-Nya dan berkumpul bersama Rasulullah.

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa manusia yang bertawakal akan diberikan rezeki oleh Allah, bahkan dari berbagai arah yang tidak diduga sekalipun. Agar diberi kelancaran rezeki, hendaknya manusia selalu berdoa kepada Allah, perbanyak Shalat Malam dan Shalat Dhuha, serta sempurnakan dengan berikhtiar di jalan yang diridhai oleh Allah.

Shalat Dhuha yang dilaksanakan di waktu Dhuha merupakan peneguh langkah dan perwujudan dari doa-doa yang dipanjatkan pada saat Shalat Tahajud di malam hari. Shalat Dhuha juga dapat menjadi teman bagi yang melaksanakannya saat kelelahan bekerja di terik siang sebelum waktu Shalat Dzuhur tiba.

Tak hanya itu, kandungan doa yang dipanjatkan setekah Shalat Dhuha terdiri dari pujian kepada Allah atas segala Keagungan Allah serta doa dan permohonan kepada Allah agar diberikan rezeki, yang ada dilangit untuk diturunkan dan yang ada di bumi agar dikeluarkan.

Selanjutnya, rahasia dibalik Shalat Dhuha berikutnya ialah Shalat Dhuha merupakan salah satu dari tiga hal yang diwasiatkan Nabi kepada umat Islam.

Rasulullah SAW besabda : “Dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah SAW berwasiat kepadaku untuk mengerjakan tiga hal; (yakni) puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat Shalat Dhuha, dan Shalat Witir sebelum tidur,” (HR. Bukhori dan Muslim).

Baca Juga : Zakat yang Bisa Ditunaikan di Akhir Tahun

Jika berdasarkan jumlah rakaat Shalat Dhuha yang ditunaikan oleh seorang Muslim, keutamaan Shalat Dhuha antara lain :

– Orang yang melakukan dua rakaat akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai.

– Orang yang melakukan empat rakaat akan dicatat sebagai ahli ibadah dan orang yang gemar melakukan kebaikan.

– Orang yang melakukan enam rakaat akan terjaga dari perbiatan dpsa sepanjang hari itu.

– Orang yang melakukan delapan rakaat akan dicatat sebagai orang taat dan sukses.

– Orang yangmelakukan 12 rakaat akan dibuatkan rmah yan indah di dalam surga.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply