You are currently viewing Tahukah Kamu, Sedekah Buka Puasa Pahalanya Sama dengan Puasa?

Tahukah Kamu, Sedekah Buka Puasa Pahalanya Sama dengan Puasa?

Pahala Sedekah Buka Puasa – Sahabat, setiap detik waktu yang kita lalui merupakan kesempatan untuk terus mengerjakan berbagai amal kebaikan. Sebagai manusia yang terkadang banyak khilaf dan salahnya, kita harus selalu berusaha mengisi setiap detik yang kita lalui dengan kebaikan.

Sungguh, tidak ada satupun yang tahu amal kebaikan mana yang benar-benar Allah terima dan dijadikan sebagai pahala kebaikan. Tugas kita hanya mengulang dan berusaha mengerjakan amal kebaikan sebanyak-banyaknya.

Puasa merupakan salah satu amal terbaik yang bisa dipanjatkan oleh seseorang. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, ada juga puasa-puasa sunnah yang bisa dikerjakan diluar bulan Ramadhan.

Pahala Sedekah Buka Puasa
Buka puasa bersama anak yatim di asrama Cibubur.

Berkaitan dengan puasa, ada sebuah kesempatan menjulang pahala kebaikan seperti halnya orang yang berpuasa. Sedekah buka puasa adalah amal kebaikan yang bisa dilakukan kepada mereka yang sedang menunaikan puasa.

Dengan memberikan pada orang yang berpuasa sesuap nasi, secangkir teh, secuil kurma, ataupun snack yang bisa menghilangkan lapar dan dahaga orang bepuasa, Allah akan memberikan ganjaran terbaiknya yakni mendapatkan pahala seperti halnya orang yang berpuasa tersebut.

Hal tersebut telah Rasulullah sampaikan dalam sebuah haditsnya berikut ini.

Pahala Sedekah Buka Puasa

Al Munawi rahimahulla menerangkan bahwa memberi makan buka puasa di sini boleh dengan makan malam ataupun dengan kurma. Jika keduanya tersebut tidak dimiliki, mak cukuplah dengan seteguk air.

Sungguh, Maha Besar Allah dengan segala karunia dan kasih sayang-Nya. Dalam kondisi usia yang terbatas ini, Allah memberikan kesempatan untuk meraih pahala kebaikan sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya, diantara banyaknya keutamaan pahala sedekah pada orang yang berpuasa ialah doa dari orang yang menyantap makanan buka puasa yang kita berikan.  Jika orang yang menantap makanan tersebut dan kemudian mendokan si pemberi, sungguh doa itu adalah doa yang mustajab. Hal itu dikarenakan doa mukmin yang berbuka puasa merupakan doa yang tidak tertolak atau doa yang mustajab.

Baca Juga : Sedekah Buka Puasa Senin dan Kamis

Terlebih, jika orang yang berbuka puasa tersebut mendoakan di pemberi sebagaimana doa yang diajarkan oleh Nabi SAW, maka rezeki yang dikeluarkan untuk sedekah buka puasa akan semakin berkah. Adapun doa yang diajarkan oleh Nabi SAW adalah sebagai berikut.

Pahala Sedekah Buka Puasa

Sahabat, kesempurnaan pahala sedekah buka puasa akan didapatkan disaat kita memberikan sedekah pada orang yang berpuasa dan pada saat yang bersamaan kita juga menjalankan ibadah puasa. Hal demikian dapat kita lakukan guna mendapatkan keridhan Allah dan meraih surga-Nya.

Leave a Reply