You are currently viewing Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat

Tips Memilih Menu Buka Puasa yang Sehat

Tips Memilih Menu Buka Puasa – Pada bulan Ramadhan, umat islam diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh. Disamping itu, umat islam juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah dan amal shaleh lainnya sebagai rangkaian untuk memperoleh keistimewaan bulan Ramadhan.

Saat menjalankan ibadah puasa, waktu berbuka adalah waktu yang paling dinanti setelah menahan haus dan lapar selama seharian.

Tiba waktu berbuka puasa, siapa saja tentu menginginkan untuk menyantap apa saja yang tersedia di meja makan.

Hal itu merupakan sesuatu yang wajar, namun menyantap makanan secara berlebihan di bulan puasa dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, penting juga untuk memilih menu takjil yang sehat dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Agar kamu tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa, berikut adalah beberapa tips memilih menu buka puasa yang sehat dikutip dari Hello Sehat.

1. Pilih menu takjil yang sehat

Tips Memilih Menu Buka Puasa
(Foto: Pixabay)

Takjil buka puasa identik dengan makanan dan minuman manis. Meskipun kamu boleh mengonsumsinya, coba bayangkan jika setiap hari menu buka puasamu adalah makanan dan minuman yang manis, berapa banyak asupan gula pada tubuhmu dalam sebulan.

Sebab itu, sebaiknya kamu memilih atau beralih ke menu takjil yang jauh lebih sehat. Misalkan dengan mengonsumsi buah-buahan alami dan tak menggunakan banyak gula tambahan. Selain mendapatkan energi, kamu juga mendapatkan asupan vitamin, serat, dan mineral.

Kamu dapat memilih menu takjil sehat seperti, tiga butir kurma dan segelas air putih, buah-buahan (pisang, semangka, melon, dll), puding rendah gula, kolak pisang dan ubi tanpa santan, dan lain sebagainya.

2. Tidak langsung makan berat

Tips Memilih Menu Buka Puasa
(Foto: Pixabay)

Langsung makan berat saat berbuka puasa adalah kebiasaan yang harus kamu hindari, pada sebagian orang makan berat dalam kondisi perut kosong dapat memicu gejala gangguan pencernaan dan membuat perut terasa begah, kembung, atau sakit.

Sebab itu, hindari makan berat saat berbuka puasa. Kamu dapat berbuka dengan cara yang lebih sehat yakni memakan takjil yang ringan terlebih dahulu seperti kurma, puding, ataupun buah-buahan. Setelah itu, beri waktu sekitar 20-30 menit dan kamu dapat mengonsomsi makanan berat.

3. Penuhi kebutuhan cairan

Tips Memilih Menu Buka Puasa
(Foto: Pixabay)

Setelah seharian menahan haus, saat berbuka hendaknya kamu meminum 1-2 gelas air putih agar kamu terhidrasi. Kamu juga dapat memenuhi kebutuhan cairanmu dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti sup ataupun buah-buahan tinggi air.

Hindari juga minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti soft drink dan mengandung kafein.

4. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Tips Memilih Menu Buka Puasa
(Foto: Pixabay)

Setelah berbuka dengan menu takjil yang sehat, kamu juga dapat mengonsumsi makanan berat yang sehat dengan gizi seimbang agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan.

Menu makanan buka puasa idelanya memiliki gizi seimbang yang didalamnya terkandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Kamu dapat memilih ragam makanan dengan memperhatikan gizi yang seimbang mulai dari nasi, sop, olahan ayam, ikan, daging sapi, tumis sayur, roti gandum, dan lain sebagainya.

5. Perhatikan makanan yang perlu dihindari

Tips Memilih Menu Buka Puasa
(Foto: Pixabay)

Agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan, kamu juga perlu memperhatikan jenis menu makanan yang harus kamu hindari. Hal itu karena ada beberapa jenis makanan yang tidak cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa, terutama bagi yang memiliki gangguan pencernaan.

Baca Juga: Sederet Persiapan Diri Menyambut Bulan Ramadhan, Apa Saja?

Hindarilah makanan olahan, makanan cepat saji, dan makanan yang diawetkan. Selain itu, hindari juga makanan yang digereng menggunakan metode deep-fry, tinggi lemak, serta banyak mengandung garam dan gula tambahan.

Pilihlah menu takjil yang menyehatkan dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuhmu. Terakhir, hindari juga makan secara berlebihan.

Bagikan Artikel Ini

Leave a Reply